Anggota Komisi IX DPR RI Ade Rezki Pratama Sebutkan Tingginya Angka Stunting di Agam

GAYABEKASI.ID || BUKITTINGGI — Anggota Komisi IX DPR RI Ade Rezki Pratama menyebutkan tingginya angka stunting di Kabupaten Agam, Sumatera Barat, bisa mempengaruhi tingkat kecerdasan intelektual atau IQ pada anak di wilayah itu.

“Tentu kita tidak ingin IQ anak kemenakan kita di Kabupaten Agam ini menjadi tidak baik hanya karena ancaman stunting yang kini meningkat,” katanya saat menggelar sosialisasi dengan BKKBN Sumbar di Kapau, Agam, Jumat.

Bacaan Lainnya

Ia menyebutkan survei dunia yang menempatkan Indonesia berada di urutan bawah dalam pengukuran IQ di ASEAN.

“Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh peneliti Richard Lynn dan David Becker di Ulster Institute, skor IQ rata-rata penduduk Indonesia sebesar 78,49. Ini menempatkan Indonesia berada di peringkat kedua terendah di Asia Tenggara,” katanya.

Ia menegaskan pentingnya kehadiran seluruh pihak dalam upaya percepatan penekanan angka stunting yang dinilai mempengaruhi IQ pada anak.

“Ini ancaman bagi kita semua, penting kehadiran seluruh pihak, tidak cukup pemerintah saja. Mari optimis mencerdaskan anak bangsa, salah satunya dengan menekan seluruh resiko stunting ini,” ujarnya.

Ade Rezki mengatakan banyak faktor yang mendukung terjadinya stunting baik secara langsung dan tidak langsung. “Kami dengan BKKBN rutin mensosialisasikan gentingnya masalah stunting ini, mari siapkan sebelum menikah, saat hamil, dan setelah melahirkan,” katanya.

Pos terkait