Pangkoarmada RI Diwakili Danlantamal I Pimpin Pembukaan Operasi Patkor Malindo 158/22

GAYABEKASI.ID | TNI AL, Lantamal I Belawan,- Panglima Komando Armada Republik Indonesia (Pangkoarmada RI) Laksamana Madya TNI Heru Kusmanto diwakili Komandan Lantamal I Belawan Laksamana Pertama TNI Johanes Djanarko Wibowo membuka Patroli Terkordinasi Malaysia Indonesia (Patkor Malindo) yang ke-158 tahun 2022, di Gedung OB Syaaf Mako Lantamal I, Jalan Serma Hanafiah No.1, Belawan, Jumat (02/12/2022).

Pangkoarmada RI dalam amanatnya yang dibacakan Danlantamal I menyampaikan bahwa Patkor Malindo yang digelar selama ini memiliki arti penting dalam meningkatkan kerjasama Angkatan Laut Indonesia dan Malaysia, guna mengamankan Perairan Selat Malaka dari berbagai ancaman dan tindak pelanggaran di laut (Ilegal Activity).

Bacaan Lainnya

Melalui Patkor Malindo ini, diharapkan semakin menguatkan Seaman Brotherhood secara profesional dan proporsional serta saling menguntungkan kedua belah pihak.

Keberadaan Selat Malaka sebagai Sea Line Of Communication (SLOC) dan Sea Line Of Trade (SLOT) memiliki nilai strategis bagi kapal-kapal yang melintas, baik kapal masing-masing negara maupun user state lainnya yang mendukung kepentingan Nasional ataupun Internasional.

Dengan demikian, sangatlah perlu adanya jaminan terciptanya Good Order At Sea keamanan maritim di Selat Malaka. Hal tersebut menjadi tanggung jawab negara pantai yaitu Indonesia dan Malaysia.
Oleh karena itu, merupakan upaya nyata sebagai wujud a sense of security.

Unsur yang terlibat dari TNI AL yakni KRI Teuku Umar-385 dan KRI Parang-647, sedangkan dari TLDM KD Laksamana Tan Pusmah dan KD Laksamana Tun Abdul Jamil yang akan dimulai tolak dari Dermaga Lantamal I Belawan, dan direncanakan tanggal 13 hingga 14 Desember 2022 akan dilaksanakan Penutupan Satgas Patkor Malindo 158/22 di Langkawi, Malaysia.

Hal tersebut selaras dengan penekanan Kasal yakni “Untuk melaksanakan peran diplomasi Angkatan Laut sesuai dengan kebijakan politik luar negeri yang ditetapkan oleh pemerintah dengan negara sahabat guna menjaga stabilitas keamanan sekawasan”.

Turut hadir dalam kegiatan, Panglima Mawila 3 TLDM Laksamana Pertama Yee Tai Peng, Wadan Lantamal I, Wasops Pangarmada RI, Pejabat Utama Danlantamal I, Dansatgas Patkor Malindo 158/22, CTG TLDM Capt Saharuddi bin Bongsu, beserta Komandan dan Prajurit dari 4 unsur peserta Patkor Malindo 158/22. (Dispen Lantamal I)


Pos terkait