Dua Pegiat Budaya Kota Bekasi Gawangi Riksa Budaya Jawa Barat 2022.

GAYABEKASI.ID | KOTA BEKASI– Budayawan Bekasi Maja Yusirwan alias Aki Maja dan Seniman/Sutradara Pertunjukan Kang Alamsyah Pradja kembali dipercaya untuk mengggawangi atau mengatur acara pentas senibudaya pada even Riksa Budaya Jawa Barat yang akan digelar pada hari Selasa, 25 Oktober 2022.

Riksa Budaya merupakan program pelestarian senibudaya yang dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat yang mengikutsertakan tiga wilayah yakni Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi dan Kota Depok.

Bacaan Lainnya

Oleh karena itu, even budaya yang mengusung tema “Saling Tulungan” tersebut menampilkan berbagai seni dan tradisi yang dimiliki dari masing-masing daerah tersebut. Kabupaten Bekasi menampilkan Musik Tradisional Tanjidor sebagai musik pengiring penyambutan Gubernur Jawa Barat Bapak Ridwan Kamil.

Kota Depok menampilkan dua seni yaitu Tari Topeng Cisalak atau yang terkenal dengan Topeng Mak Kinang, yang notabene telah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda tingkat Provinsi Jawa Barat dan proses penetapan sebagai Warisan Budaya Nasional Indonesia tahun 2022.

Sebagai seni modern teatrikalisasi puisi akan disuguhkan oleh Tora Kundera bersama komunitas seniman Kota Depok. Kota Bekasi selaku yang ketempatan menampilkan beberapa seni tradisi,

khususnya dari Kampung Kranggan dimana perhelatan tersebut dilaksanakan. Beberapa seni tradisi misalnya: Tradisi Berebut Dandang, Gegendeh, Goong Ajeng, Penca Kranggan dan Wayang Golek Kranggan.

Grup Rungseb Percussion Kranggan dibawah pimpinan Rahmat Hidayat dipercaya sebagai nayaga pengiring. Sedangkan Tari Banjaran Kembang yang ditarikan oleh para penari dari Sanggar Gema Nusa Patriot asuhan Kang Alamsyah Pradja akan ditampilkan di atas panggung utama,

sedangkan Tari Ngarak Barong Bekasi yang ditampilkan oleh penari dari Sanggar Seni Kusuma asuhan Eyang Anjar Purwani akan ditarikan secara massal oleh seluruh peserta siswa yang hadir termasuk Gubernur Ridwan Kamil, Plt.Walikota Bekasi Tri Adhianto dan para pejabat serta undangan.

Sebagai informasi bahwa Tradisi Ngarak Barong Bekasi hasil rekacipta Maja Yusirwan tahun 2016 sudah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda Provinsi Jawa Barat tahun 2021 dan sedang diajukan proses pencatatan Warisan Nasional.

Riksa Budaya yang mengusung tema Saling Tulungan bertempat di Rumah Adat Kranggan dengan berbagai adat dan tradisi yang khas menjadi pilihan dan perhatian pemerintah baik Provinsi Jawa Barat maupun Pemkot Bekasi.

Sementara itu keterlibatan Aki Maja dan Kang Alam dalam mengatur acara dan pentas senibudaya merupakan tantangan setelah keduanya berduet menyutradarai Pesona Nusantara Bekasi Keren di Stadion Patriot Candrabhaga yang berlangsung spektakuler dan berhasil meraih Rekor Muri Indonesia pada September 2022 lalu.


Pos terkait