Doddi, ST. MH Komisi III Bidang Pembangunan dan Badan Anggaran (Banggar) DPRD Agam Fraksi Demokrat

GAYABEKASI.ID | KAB AGAM — DODDI, ST. MH sosok generasi muda yang berpengalaman di bidang Teknik Sipil dari Komisi III DPRD Agam, yang membidangi Pembangunan dan juga sebagai Badan Anggaran (Banggar) mengtakan kegiatan pelaksanaan fisik infrastruktur di kabupaten Agam butuh perhatian khusus dari semua pihak. Mengingat waktu pelaksanaan proyek yang sudah mendekati akhir tahun anggaran 2022.

“Menurutnya masih kita temukan pencapai bobot pekerjaan yang belum maksimal di lapangan mungkin itu dikarenakan lambatnya proses tender, termasuk perencanaan yang kurang maksimal, dan tambah lagi perusahan yang dimenangkan dengan penawaran yang rendah yang sangat jauh dari kewajaran, ditambah dampak dari kenaikan BBM sehinga terjadi perubahan harga di pasaran tak sesuai dengan penawaran dan termasuk keadaan cuaca yang kurang bagus akhir tahun ini sering hujan.

Bacaan Lainnya

“Contohnya seperti yang terjadi pada pekerjaan DAM SDN 28 Salasa tangah Kecamatan Baso, dari aspek perencanaan yang kurang tepat dan aspek pengawasan yang kurang berjalan semestinya saat pekerjaan dalam pelaksanaan kurang memperhatikan matrial,
Hal ini merupakan permasalahan yang kita hadapi bersama, “ungkapnya.

“Maka dari itu kita minta kepada konsultan perencana, konsultan pengawas, rekanan (kontraktor), OPD terkait dan unsur media online/cetak serta masyarakat dan pihak terkait lainnya untuk bekerja sama dalam mendorong dan mengawasi agar pekerjaan sesuai dengan rencana dan mutu yang terbaik sesuai aturan undang-undang yang berlaku.

Terkusus kita meminta kepada konsultan pengawas agar betul-betul menjalankan tugas dan fungsi nya sesuai aturan yang berlaku.
Salah satunya dalam pelaksanaan tentu dari pihak kontraktor sebelum melaksanakan pekerjaan.

Pemeriksaan pengajuan memulai pekerjaan (request) dan selanjutnya konsultan pengawas memberikan instruksi untuk melanjutkan pekerjaan sesuai dengan aitem-aitem pekerjaan yang akan dilaksanakan.

“Semesti pelasanaan pekerjaan harus sesuai dengan tahapannya, dari aspek perencanaan yang tertuang dalam penawaran Gambar Bestek yang mengacu pada Rencana Anggaran Biaya (RAB).

Pos terkait