Kodam Jaya Siap Mendukung Secara Optimal Upaya Mempercepat Penurunan Stunting

GAYABEKASI.ID | Kodam Jaya – Jakarta Timur. Pangdam Jaya/Jayakarta Mayjen TNI Untung Budiharto mengikuti kegiatan Kick Off secara daring tentang Kolaborasi Percepatan Penurunan Stunting dan Peluncuran Buku “Resep Makanan Baduta Dan Ibu Hamil Untuk Generasi Emas Indonesia” Oleh Ibu Prof DR (HC) Hj. Megawati Soekarno Putri, serta Pengukuhan Ketum Dharma Pertiwi dan Ketum Bhayangkari Sebagai Bunda Asuh Anak Stunting, bertempat di Ruang Rapat Lt. 4 Makodam Jaya. Senin (08/08/2022).

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) sesuai Perpres 72 tahun 2021 tentang percepatan penurunan stunting, BKKBN di beri amanah sebagai koordinator percepatan penurunan stunting pada 2024 dengan target penurunan menjadi 14 persen.

Bacaan Lainnya

Stunting adalah kekurangan gizi pada bayi di 1000 hari pertama kehidupan yang berlangsung lama dan menyebabkan terhambatnya perkembangan otak dan tumbuh kembang anak. Karena mengalami kekurangan gizi menahun, bayi stunting tumbuh lebih pendek dari standar tinggi balita seumurnya.

Berbagai upaya kerja sama telah dilakukan BKKBN sebagai koordinator, yang dalam hal ini mengkoordinasikan suksesnya upaya percepatan penurunan stunting,

keterlibatan lintas sektor, khususnya TNI akan berdampak sangat signifikan dimana kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan dari Bakti TNI Manunggal Bangga Kencana Kesehatan Terpadu tahun 2022.

Dalam hal ini Kodam Jaya tentunya akan mendukung secara optimal dan akan terus memperkuat Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dalam upaya percepatan penurunan

stunting, dengan menyediakan fasilitas kesehatan yang dimiliki untuk upaya percepatan penurunan stunting dan juga akan mengerahkan Bintara Pembina Desa (Babinsa) untuk mendata dan memberikan bantuan bagi balita penderita stunting hingga ke pelosok wilayah jajaran Kodam Jaya.

Peran serta dari TNI AD, khususnya Kodam Jaya/Jayakarta dalam upaya percepatan penurunan stunting merupakan tindak lanjut dari pengukuhan Kepala Staf TNI-AD Jenderal TNI Dudung Abdurachman, S.E., M.M. sebagai Duta Bapak Asuh Anak Stunting.

Kegiatan daring tentang Kolaborasi Percepatan Penurunan Stunting dan Peluncuran Buku “Resep Makanan Baduta Dan Ibu Hamil Untuk Generasi Emas Indonesia” serta Pengukuhan Ketum Dharma Pertiwi dan Ketum Bhayangkari Sebagai Bunda Asuh Anak Stunting juga

dihadiri juga oleh Kasdam Jaya, Danrindam Jaya, Danpomdan Jaya, Danbrigif Mekanis 1 PIK/JS, Danmen Arh 1/F, Danbrigkav 1/LA, Para Dandim Jajaran Kodam Jaya, Danyon Armed 7/155 GS, Danyon Zipur 11/DW dan Danden Zipur 3/ATD.


Pos terkait