Kemendagri Tekankan Peran Penting DPRD Dalam Pencapaian Tujuan Pembangunan Daerah

GAYABEKASI.ID | BOGOR, JAWA BARAT – Dirjen Bina Pembangunan Daerah, Dr. Teguh Setyabudi, M.Pd menghadiri kegiatan yang diselenggarakan oleh Universitas Ibnu Khaldun Bogor dalam acara Bimbingan Teknis DPRD Provinsi Banten (24 Juli 2022).

Bacaan Lainnya

Kegiatan dibuka oleh Rektor Universitas Ibnu Khaldun Bogor dan dihadiri Direktur Perencanaan, Evaluasi dan Informasi Pembangunan Daerah, Ditjen Bina Pembangunan Daerah, Ketua, Sekwan, dan seluruh anggota DPRD Provinsi Banten.

Pada kegiatan tersebut, Teguh Setyabudi, memaparkan materi terkait Rencana dan Pelaksanaan Pembangunan Daerah. Dalam pemaparannya, Teguh menyampaikan arahan umum terkait

pembangunan daerah bahwa Pemda dalam melaksanakan pembangunan daerah, perlu menggali dan mengoptimalkan potensi sumber pendanaan lainnya seperti APBN (Proyek K/L-DAK-Loan), CSR (Swasta), KPBU, serta APBD Provinsi.

Lebih lanjut Teguh menjelaskan perlunya sinergitas pemerintah daerah dan Pemerintah Pusat dalam hal ini adalah kementerian/lembaga dalam Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional (PSN) sebagai salah satu bentuk implementasi perencanaan pembangunan yang integral terhadap pencapaian target pembangunan nasional.

Sebagai penutup, Teguh menekankan peran penting DPRD dalam pencapaian tujuan pembangunan daerah diperlukan optimalisasi pokok-pokok pikiran dan fungsi pengawasan DPRD dalam perencanaan dan evaluasi pembangunan daerah.(Mawi)


Pos terkait