Panglima TNI Pimpin  Upacara Peringatan HUT Ke- 72 Kopassus

GAYABEKASI.ID l JAKARTA TIMUR – Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, S.E., M.Si., memimpin upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Komando Pasukan Khusus (Kopassus) ke-72, bertempat di Lapangan Markas Kopassus Cijantung, Jakarta Timur, Selasa (30/4/2024).

Dalam sambutannya, Jenderal TNI Agus Subiyanto menyampaikan dalam rangkaian HUT Kopassus ke-72 yang mengusung tema “Mengabdi Dengan Kehormatan, Pelindung Sejati Kedaulatan”, hal tersebut selaras dengan visi TNI yang PRIMA yaitu TNI yang profesional, responsif, integratif, modern dan adaptif dalam menghadapi berbagai dimensi ancaman yang semakin luas dan kompleks.

Bacaan Lainnya

Setiap 16 April, di Indonesia diperingati sebagai Hari Ulang Tahun (HUT) Komando Pasukan Khusus atau yang biasa dikenal Kopassus.  Pasukan yang dimiliki TNI Angkatan Darat (AD) ini genap berusia 72 tahun.

Kopassus merupakan satuan prajurit khusus milik Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang identik dengan baret merah. Kopassus menguasai berbagai taktik dan ilmu yang mumpuni di segala medan perang, itulah alasan kenapa satuan ini disebut sebagai prajurit khusus.

Tugas Kopassus antara lain adalah Direct Action serangan langsung untuk menghancurkan logistik musuh, Combat SAR, Anti Teror, Advance Combat Intelligence (Operasi Inteligen Khusus).

Selain itu, Kopasus juga bertugas dalam Humanitarian Asistensi (bantuan kemanusiaan), AIRSO (operasi anti insurjensi, separatisme dan pemberontakan), perbantuan terhadap kepolisian/pemerintah, SAR Khusus serta Pengamanan VVIP.

” Tingkatkan keimanan dan ketakwaan 
kepada Tuhan Yang Maha Esa. Tegakkan kesetiaan dan loyalitas kepada pimpinan dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, dengan selalu berbuat terbaik, tulus dan ikhlas. 

Tanamkan semangat rela berkorban dan pantang menyerah, Hindari tindakan negatif yang berpotensi dapat merusak nama baik Korps Baret Merah dan TNI dan Tetaplah humanis pelopor dalam membantu kesulitan rakyat,” pesan Panglima TNI.

Hadir dalam Upacara HUT Kopassus ke 72 diantaranya, Presiden RI Terpilih Periode 2024-2029, Jenderal TNI (Purn) Prabowo Subianto; Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan; Menteri Kesehatan, Ir. Budi Gunadi Sadikin; Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo; Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Maruli Simanjuntak dan para Danjen Kopassus dari masa ke masa, serta para Sesepuh Baret Merah.


Red : Rico.Montilla

Pos terkait