Dankormar Pimpin Serah Terima Jabatan Komandan Pasmar 2

GAYABEKASI.ID l SURABAYA – Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., CHRMP., CRMP., memimpin Serah Terima Jabatan (Sertijab) Komandan Pasmar 2 dari Brigjen TNI (Mar) Y. Rudy Sulistyanto, S.E., kepada Brigjen TNI (Mar) Muhammad Nadir, M.Tr.Opsla., bertempat di lapangan apel Kesatrian Marinir Sutedi Senaputra, Karangpilang Surabaya. Senin (19/02/2024).

Selanjutnya, Brigjen TNI (Mar) Y. Rudy Sulistyanto, S.E., akan menduduki jabatan baru sebagai Tenaga Ahli Pengkaji Bidang Wawasan Nusantara Lemhanas RI, sedangkang Brigjen TNI (Mar) Muhammad Nadir, M.Tr.Opsla., sebelumnya menjabat sebagai Komandan Pusdikbangspes Kodiklat TNI.

Dalam amanatnya Komandan Korps Marinir mengatakan bahwa, Pasmar 2 yang merupakan salah satu komando pelaksana utama yang kekuatan tempurnya terpusat di Surabaya serta membawahi beberapa pertahanan

pangkalan yang tersebar di wilayah tengah dan timur Indonesia mulai dari pulau Jawa, Kalimantan, Sulawesi dan saat ini diawaki oleh prajurit petarung yang terlatih serta dipersenjatai dengan alutsista strategis TNI AL dengan tugas pokok membina kekuatan kesiapan operasional satuan

Marinir sebagai pasukan pendarat TNI Angkatan Laut dalam rangka melaksanakan Operasi Amfibi, Operasi pertahanan pantai dan Operasi di pulau-pulau terluar strategis serta operasi tempur lainnya.

Pasmar 2 juga berkewajiban untuk melaksanakan operasi militer selain perang baik dalam menunjang stabilitas nasional termasuk bantuan kemanusiaan.

Lebih lanjut dikatakan, Pasmar 2 telah mampu menunjukkan kinerja positif bagi organisasi Korps Marinir dengan mempersembahkan berbagai macam prestasi dalam pelaksanaan tugasnya, termasuk berkontribusi nyata bagi masyarakat sebagai implementasi dari tugas operasi militer selain perang.

Upacara serah terima jabatan dimeriahkan dengan penampilan bela diri Chadrick, Serangan Kilat, displai Drumband Sangkala Yudha Perkasa yang tampil memukau di hadapan para undangan dan atraksi terjun payung oleh Pasukan khusus dari Batalyon Intai Amfibi 2 Marinir pada ketinggian 10000 feet dengan menggunakan pesawat Cassa dari Skuadron 600 Wing Udara 2 Puspenerbal Surabaya.

Selain itu, upacara serah terima jabatan Komandan Pasmar 2 dihadiri Komandan Pasmar 2 dari masa ke masa, Pejabat TNI/Polri wilayah Surabaya, Pejabat Utama Korps Marinir, Pejabat Forkopimda Jawa Timur dan keluarga besar Pasmar 2.


(Dispen Kormar,TNI AL)

Pos terkait