Lestarikan Budaya dan Adat Leluhur Papua, Satgas Yonif 122/TS Hadiri acara Pentas Tari Ritual Adat Penyambutan (Tari Dewa)

GAYABEKASI.ID l Kabupaten Keerom- Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan RI-PNG Sektor Utara Yonif 122/TS, yang berada di bawah naungan Korem 172/PWY, Pos Waris hadir dan amankan prosesi Adat Suku Walsa dan Suku Fermanggem dalam rangka melestarikan Adat dan Budaya di tanah Papua, tepatnya di Kampung Badan, Distrik Waris, Kabupaten Kerom, Papua, (09/12/2023).

Hal tersebut disampaikan oleh
Danpos Waris Letda Inf Hasan Basri dalam keterangan tertulisnya, Dansatgas mengatakan bahwa acara Adat Tahunan yang di laksanakan satu kali Setahun dan menjelang musimnya berburu bagi Masyarakatnya.

Bacaan Lainnya

Selanjutnya Danpos menjelaskan, acara Adat tersebut di yakini oleh Masyarakat Kampung Banda Distrik Waris tari-tarian tersebut dapat memberikan penyembuhan dan dampak positif bagi Masyarakatnya.

Acara Adat ini merupakan tradisi ada Budaya yang perlu di lestarikan karena kegiatan ini merupakan salah satu kearifan lokal bagi Masyarakat sekitar yang tidak dapat di pisahkan dan merupakan warisan secara turun temurun dari leluhur” Ungkap Danpos.

Lanjutnya lagi, mengatakan acara Adat Kampung Badan Distrik Waris di ikuti bukan hanya Masyarakat di Kampung Banda Distrik Waris,akan tetapi Kampung tetangga juga ikut berpartisipasi dalam acara Adat tersebut, sekitar 500 orang tumpah ruah mengikuti prosesi Adat di Kampung Badan Distrik Waris

Seperti penekanan Dansatgas Mayor Inf Diki Apriyadi, S, Hub.Int, tugas pokok Satgas Yonif 122/Tombak Sakti menjaga keutuhan wilayah perbatasan darat RI-PNG, juga mempunyai tugas tambahan yaitu seluruh prajurit melaksanakan kegiatan teritorial yang bersifat membangun, melayani, dan mengayomi masyarakat yang membutuhkan bantuan di tiap-tiap pos masing-masing.

“Kami dengan semangat tidak mengenal lelah membantu dan ikut hadir dalam menyukseskan acara pertunjukan tarian Adat Dewa Waris . Kehadiran kami Satgas Yonif 122/ TS di tanah Papua ini untuk membawa kedamaian dan menjadi solusi di dalam kehidupan bermasyarakat,” ucap Danpos waris.

Sementara itu,Bapak Jakobus may(52) selalu koordinator acara Adat Dewa Waris menyampaikan salam hormat dan banyak terima kasih kepada Sargas Yonif 122/TS atas kepeduliannya,partisipasinya menghadiri dan menyukseskan acara Adat di Kamapung Banda Distrik Waris (Tarian Adat Dewa Waris).

“Puji Tuhan,saya sangat terbantu dan senang sekali atas kepedulian Satgas Yonif 122/TS dalam membantu dan ikut hadir di acara Adat Kampung Banda Distrik Waris Kabupaten Kerom Provisi Papua. (Yonif 122/TS)


Pos terkait