Ziarah Ke Tugu Pejuang, Ketua Bapera Helmi Niatkan Bangun TMP Di Batu Bara Jika Memimpin Daerah

GAYABEKASI.ID l Memperingati Hari Pahlawan 10 Nopember tahun 2023, Ketua Bapera Kabupaten Batu Bara Helmi Syam Damanik SH, MH didampingi Satgas Brigade Evi Chandra Sitorus, dan Bendahara Ariandi, SH, serta Ketua Kecamatan Tg Tiram Halim Simangunsong melaksanakan Ziarah rombongan ke Tugu Pejuang Harisuddin yang gugur merebut dan mempertahankan Kemerdekaan Ri.

Ziarah rombongan yang dipimpin Ketua Bapera Helmi Syam Damanik SH, MH di Tugu Pejuang Harisuddin ditandai dengan peletakan setangkai bunga tangan yang juga dihadiri Serda Ananda Micola dari Angkatan Laut, Aipda L. Ginting dari Polsek Labuhan Ruku, dan Kopda Agus Ariadi dari Koramil Labuhan Ruku, di Simpang empat Tg Tiram, Jum’at 10/11.

Bacaan Lainnya

Helmi Syam Damanik SH, MH ketika meletakkan Setangkai Bunga di bawah Tugu berniat jika di tahun 2024 diberi amanat masyarakat menjadi seorang Pemimpin Daerah akan membangun Taman Makam Pahlawan ( TMP )di Batu Bara agar para pejuang yang banyak dimakamkan di Pemakaman umum bisa disatukan dalam rangka menghormati arwah para pejuang yang pada hakekatnya adalah pahlawan kesuma bangsa.

Mantan pejabat Dinas Sosial Sumut Advensius Girsang, S.Sos yang juga mantan Dosen Ilmu Kesejahteraan Sosial pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNiv Sumatera Utara, ketika dimintai tanggapan awak Media menjelaskan bahwa Para Pengurus Bapera Batu Bara yang merupakan generasi penerus bangsa akan membuat sejarah baru di Batu Bara jika TMP ini bisa didirikan.

Sebenarnya setiap daerah Kabupaten atau Kota sudah sepantasnya memiliki satu TMP sebagai sarana upacara pada hari hari besar bersejarah, seperti peringatan Hari Kemerdekaan RI, termasuk peringatan Hari Pahlawan 10 Nopember, sekaligus sebagai sarana pendidikan bagi para pelajar untuk mengenang dan menghormsti para pejuang dan pahlawan kemerdekaan RI.

Advensius Girsang juga menjelaskan bahwa TMP diatur dalam peraturan Menteri Sosial RI Nomor 23 tahun 2014, karenanya Niat Ketua Bapera Batu Bara Helmi Syam Damanik SH, MH patut mendapat dukungan para pengurus Bapera dan sekuruh masyarakat di Kabupaten Batu Bara.

Hadir antara lain dalam acara Ziarah Rombongan Ketua Bapera Kecamatan Nibung Habgus Adam Malik, Kecamatan Talawi Elvan Topika, serta ratusan para pengurus ranting Bapera dan para pelajar Muhamadiyah dengan drumband untuk menyemarakkan peringatan Hari Pahlawan 10 Nopember tahun 2023, di Simpang empat Tg Tira.(Rahmat Hidayat)


Pos terkait