Komitmen Tingkatkan Kinerja, BSKDN Kemendagri Bangun Kerja Sama Lintas Lembaga

GAYABEKASI.ID l JAKARTA– Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) berkomitmen meningkatkan kinerjanya dengan membangun kerja sama lintas lembaga. Tidak hanya lembaga pemerintahan, kerja sama juga dilakukan dengan lembaga pendidikan dan sejumlah lembaga swasta. Harapannya, melalui kerja sama tersebut BSKDN dapat mengoptimalkan tugas dan fungsi yang diemban.

Bacaan Lainnya

“Salah satu komitmen untuk meningkatkan kinerja kita di antaranya lewat kerja sama. Banyak juga universitas yang ingin kerja sama dengan kita, yang udah jalan itu UNILA ada mahasiswanya menjalani merdeka belajar bersama kita,” jelas Kepala BSKDN Yusharto Huntoyungo saat memimpin Rapat Evaluasi Kinerja Pelaksanaan Kegiatan da Anggaran BSKDN. Rapat tersebut berlangsung di Aula BSKDN pada Selasa, 7 November 2023.

Dalam arahannya, Yusharto mengingatkan jajarannya agar nilai kebermanfaatan bagi masyarakat dan efisiensi anggaran dapat menjadi pertimbangan dalam memutuskan kerja sama lintas lembaga. Sehingga kerja sama yang dibangun

membawa dampak yang baik terhadap organisasi maupun masyarakat. “Nilai ekonomi dan kebermanfaatan lainnya dari kerja sama itu mesti kita hitung bisa mengurangi atau efisiensi berapa dari anggaran yang kita miliki,” tambahnya.

Terkait kerja sama antara lembaga, dia juga mengimbau jajarannya untuk berperan aktif membangun komunikasi yang baik dengan lembaga terkait. Pastikan substansi kerja sama dapat dicapai dan diinformasikan kepada publik terkait perkembangannya.

“Jangan begitu ada kerja sama didiemin, masing-masing pusat ini harus aktif membangun komunikasi yang baik. Setiap minggu, setiap bulan kalau perlu diundang (lembaga yang bekerja sama) disiapkan ruangannya untuk diskusi,” pungkasnya.

Sebagai informasi tambahan, sejumlah lembaga yang bekerja sama dengan BSKDN di antaranya Kemitraan Partnership, Tanoto Foundtion, The United States Agency for International Development dengan Program Tata Kelola Pemerintahan yang Efektif, Efisien dan

Kuat (USAID ERAT), Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Kompas Gramedia, The Korean Invention Promotion Association (KIPA) dan Local Government Officials Development Institute (LAGODI) Korea, Universitas Lampung (UNILA), dan Institute Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN).

Sementara itu, BSKDN juga akan menjalain kerja sama dengan Yayasan Nusantara Sejati bersama Japan Initiative, Kompas TV, Universitas Mulawarman (UNMUL) Kalimantan Timur (Kaltim), Universitas Pertahanan Indonesia (UNHAN), dan Inha University Korea.(Arif)


Pos terkait