Kondisi Keuangan Kas Daerah Kabupaten Agam Meprihatinkan

GAYABEKASI.ID || LUBUK BASUNG — Berdasarkan informasi yang diterima LSM Garuda Nasional ditahun 2023 ini Kas Daerah Agam Menipis / Defisit lebih kurang sekitar Rp 81 M.

Sebagai Kontrol Sosial kita cukup prihatin kalau memang itu betul-betul terjadi, tentunya akan berimbas kepada kelancaran kinerja di Dinas-dinas yang ada di pemerintahan Kabupaten Agam, berimbas juga kepada proyek-proyek pisik yang sedang berjalan

Serta berimbas juga kepada tunjangan Kinerja ke 13 tahun 2023 yang besarannya 50 %. Yang ditunggu tunggu PNS/ASN untuk biaya anak- anak sekolan mereka dan juga untuk biaya melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi menjadi sirna.

Seharusnya dalam kondisi seperti ini Pemkab Agam harus bijak membelanjakan Kas Daerah dan mengkaji mana kebutuhan Primer dan mana kebutuhan skunder yang perlu di utamakan, termasuk dalam merekrut Tenaga Harian Lepas (THL).

Menurut pantauan LSM GARUDA Nasional di lapangan dalam kurun waktu 3 ( tiga) tahun belakangan ini tidak kurang dari 150 orang Tenaga Harian Lepas (THL) baru yang tersebar diberbagai dinas instansi di kabupaten Agam, yang menyebabkan mayoritas di dinas-dinas instansi jumlah pegawai menumpuk.

Ini menandakan pemerintah kabupaten Agam tidak mampu menata kelola pemerintahan dan sumber daya manusia (SDM) yang ada, jika kondisi ini terus berlanjut dikwatirkan kabupaten Agam akan Keos beberapa tahun kedepan, ungkapnya.


Sumber : Tim LSM Garuda Nasional Sumbar

Pos terkait