Dua Kelurahaan Bukittinggi Dijadikan Pilot Project di Bukittinggi

GAYABEKASI.ID || BUKITTINGGI — Pemerintah pusat melalui Wakil Menteri Agama, Saiful Rahmat Dasuki telah meresmikan peluncuran Kampung Moderasi Beragama di seluruh Kabupaten dan Kota di Indonesia, dua di antaranya berada di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat.

“Untuk Kota Bukittinggi, Kampung Moderasi Beragama yang dilaunching, yaitu Kelurahan Kubu Gulai Bancah dan Kelurahan Belakang Balok sebagai pilot project di Kota Bukittinggi,” kata Kepala Kantor Kementerian Agama Bukittinggi, Eri Iswandi, Kamis.

Bacaan Lainnya

Ia menyampaikan “Lounching Kampung Moderasi Beragama dilakukan serentak di seluruh Indonesia oleh Wakil Menteri Agama RI melalui Zoom Meeting.

“Penunjukkan, pembentukan Pokja, dan juknis Kampung Moderasi Beragama merujuk kepada Keputusan Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Nomor 137 Tahun 2023,” katanya.

Kakan Kemenag Kota Bukittinggi menegaskan bahwa moderasi beragama bukan berarti moderasi agama, yang dimoderatkan adalah pola pikir dalam menjalankan agama.

“Ada orang beragama yang diistilahkan ekstrim kanan, ada juga yang ekstrim kiri, ajaran Islam yang disampaikan Rasulullah adalah bersikap washatiyah dalam nuansa pertengahan diistilahkan dengan moderat,” katanya.

Peluncuruan dua kelurahan itu menghadirkan Kepala Daerah, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Kaum Perempuan, Tokoh Pemuda bahkan unsur Organisasi Agama dan Keagamaan di daerahnya.

Pos terkait