Babinsa Koramil 0818/11 Donomulyo Hadiri Acara Sedekah Bumi Digelar Desa Tlogosari

GAYABEKASI.ID | MALANG – Bentuk dukungan dalam melestarikan kearifan lokal serta adat istiadat di wilayah binaan Babinsa Koramil 0818/11 Donomulyo Serda Sahid Endro menghadiri acara Sedekah Bumi biasa digelar setiap tahunnya oleh masyarakat   Desa Tlogosari Kecamatan Donomulyo Kabupaten Malang dengan beberapa rangkaian acara, Minggu ( 11/23).

Sedangkan acara Sedekah Bumi digelar dengan rangkaian acara, gotong royong membersihkan makam leluhur desa Tlogosari di punden Umbul, pembacaan Do’a bersama dan makan bersama.

Bacaan Lainnya

Sedekah Bumi merupakan upacara adat yang melambangkan rasa syukur umat manusia kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rezeki melalui bumi berupa segala bentuk hasil bumi, Warga desa Tlogosari merupakan salah satu  Desa warganya yang masih memegang teguh

dan melestarikan budaya-budaya nenek moyang dan tak lekang oleh perubahan zaman, salah satunya adalah perayaan Sedekah Bumi. Acara Tahunan ini memiliki ciri khas tersendiri yang membedakan antara desa Tahunan dengan desa yang lain dalam perayaan Sedekah Bumi tersebut.

Babinsa Tlogosari Serda Sahid menuturkan “Kami sangat berterimakasih kepada para tokoh masyarakat dan para sesepuh Desa Turipinggir yang masih bisa mempertahankan adat istiadat yang masih di teruskan dan dikenalkan kepada penerus muda di Desa Turipinggir,” ungkap Babinsa.

Selaku Babinsa dan aparat Komando kewilayahan mendukung penuh kegiatan sedekah bumi warga desa binaan yang merupakan tradisi kearifan lokal yang harus tetap di pertahankan di masa modern seperti saat ini, pungkasnya.


Pos terkait