Koramil 05 Cpt Bersama Muspika Dan BPBD Kota Tangerang Selatan Gelar Pelatihan Operasional Sarana Dan Prasarana Kebencanaan

GAYABEKASI.ID | Kodam Jaya, Tangerang – Melalui program pelatihan yang sudah menjadi program rutin dalam bidang penanggulangan kebencanaan di wilayah Kecamatan Ciputat, Koramil 05/Cpt  bersama BPBD Kota Tangerang Selatan

melaksanakan Pelatihan Operasional Sarana Dan Prasarana Kebencanaan yang diselenggarakan Kecamatan Ciputat, di Situ Pondok Jagung Jl Rawa Kutuk, Kel Pondok Jagung, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Rabu (15/03/2023).

Bacaan Lainnya

Kegiatan dibuka langsung oleh Kepala Pelaksana BPBD Kota Tangerang Selatan Drs. H. Sutang Suprianto, M.Sinyang diikuti anggota Satpol PP Kec. Ciputat, anggota Karang Taruna Kelurahan Ciputat, Petugas Damkar dan Relawan Kebencanaan.

Ditempat terpisah, Dandim 0506/Tgr Letkol Inf Ali Imran melalui Danramil 05/Cpt Kapten Inf Rahmat Sentosa mengatakan, kegiatan seperti ini sangatlah penting dilakukan untuk meningkatkan keterampilan dan mengasah kemampuan tentang kebencanaan agar selalu siap dan tanggap akan situasi dan kondisi wilayah saat terjadi bencana.

“Pelatihan ini, bertujuan agar peserta mendapatkan ilmu tentang mengoperasionalkan sarana dan prasarana kebencanaan dalam penanggulangan bencana yang disampaikan oleh tim dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tangerang Selatan.” kata Danramil.

“Jika sewaktu-waktu terjadi bencana, peserta yang mengikuti pelatihan bisa lebih mudah untuk mengevakuasinya apalagi dari sarana dan prasarana serta peralatan yang untuk mendukung kegiatan ini untuk sekarang sudah bisa dibilang sudah tertata dengan baik dan sudah lengkap.” jelasnya.

Dijelaskan Kapten Inf Rahmat Sentosa bahwa pelatihan ini sangat bermanfaat untuk menimba ilmu dan jadikan sebagai bekal awal agar dalam menghadapi setiap bencana yang timbul, khususnya di

Kecamatan Ciputat, bukan hanya jadi penonton, namun bisa mengambil tindakan-tindakan dari pasca bencana, sampai dengan cara menanganinya dan yang lebih penting lagi pencegahannya.

“Para peserta diharapkan bisa memahami karakter dan mengoperasionalkan secara baik sarana dan prasarana ke depan.” tambahnya. 

Diharapkan agar kita selalu bisa terus berkoordinasi dengan pihak terkait untuk menjadikan program ini sebagai salah satu bentuk kerjasama yang baik antara TNI dengan pihak-pihak terkait lainnya yang berkaitan dengan kebencanaan.” pungkasnya. (Sumber Kodim 0506/Tgr).


Pos terkait