Danramil 04 Cld Bersama Tiga Pilar Gelar Apel Pasukan Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Di Wilayah

GAYABEKASI.ID | Kodam Jaya, Tangerang – Untuk mengantisipasi bencana alam khususnya di wilayah teritorial Koramil 04/Ciledug  Kodim 0506/Tangerang, Kapten Arh Jaminah Arie Yanto bersama tiga Pilar menggelar apel Pasukan Kesiapsiagaan dan Penanggulangan Bencana 2023  di Wilayah Ciledug Raya di Parkiran Mall CBD Ciledug ,Kel/ Kec. Karang Tengah, Kota Tangerang, Jumat (17/02/2023).

Turut hadir di apel tersebut, Danramil Ciledug Kapten Arh Jaminah Arie Yanto, Camat Karang Tengah H.Hendriyanto,S.Th .I. M.AP., Camat Larangan Drs. Gunawan Priahutama, Camat Ciledug M. Marwan S.I.P., Pejabat Polsek Ciledug, Personel Polsek Ciledug, Personel TNI / Koramil Ciledug, Personel Sat Pol PP,  Personil Dinas Kesehatan / Puskesmas tiap Kecamatan, Personil Damkar dan Mitra Polri (Pokdar dan FKPM).

Bacaan Lainnya

Dalam apel tersebut, Kapolsek Ciledug AKP Diorisha Suryo S,SIK mengatakan, mengingat sekarang ini musim penghujan, perlu mempersiapkan diri kita selaku aparat pemerintah untuk membantu masyarakat , apabila sewaktu waktu dibutuhkan.

“Digelarnya Apel guna mengoptimalkan seluruh potensi, karena itu dihimbau agar kita dapat mempersiapkan diri, mental dan fisik dalam menghadap penanggulangan bencana dengan meningkatkan kordinasi antar instansi terkait.” katanya.

Kapolsek Ciledug juga menyampaikan beberapa hal diantaranya, Mempersiapkan diri untuk menghadapi bencana  banjir dan pohon tumbang, Memotong pohon/ranting,
Penguatan Drainase dan pembersihan saluran air, Tidak membuang sampah sembarangan, Pemantauan secara cermat dan berkelanjutan informasi perkembangan cuaca.

Seluruh aparatur daerah saling berkoordinasi dengan TNI – Polri dan unsur masyarakat dalam menghadapi ancaman Hydro Meteriologi, dan Gali kearifan lokal di masyarakat seperti, Gotong royong , Pos kamling dan lain sebagainya.

“Mari sama sama kita bersedekah dan berdoa  kepada Tuhan YME. Semoga kita dihindarkan dari bencana dan tidak terjadi di wilayah kita.” tutup Kapolsek Ciledug.

Sementara itu, Dandim 0506/Tgr Letkol Inf Ali Imran melalui Danramil 04/Cld Kapten Arh Jaminah Arie Yanto, mengatakan, digelarnya apel ini, guna mengecek persiapan personel maupun peralatan mulai dari TNI, Polri, BPBD serta pihak terkait lainnya dalam menghadapi untuk mengantisipasi bencana di wilayah Kecamatan Ciledug.

“Seperti diketahui, apabila terjadi intensitas curah hujan yang cukup tinggi akan mengakibatkan terjadinya banjir di beberapa titik lokasi di wilayah Kec Ciledug.” jelasnya.

Diutarakan Danramil bahwa, apel siaga ini digelar untuk mengecek sejauh mana kesiapan dan sinergitas tiga pilar dalam menghadapi bencana alam yang bisa saja terjadi kapan saja. Selain itu, juga mengajak komponen masyarakat untuk tetap siaga dan waspada dalam menghadapi semua kondisi yang ada.

Menurut Kapten Arh Jaminah Arie Yanto, seluruh personel harus memahami sistem peringatan dini, mengetahui rute evakuasi dan rencana pengungsian, memiliki keterampilan khusus dan rencana antisipasi bencana serta cepat tanggap melihat segala dampak bahaya bencana.

“Kita perlu mempersiapkan langkah-langkah antisipasi sedini mungkin untuk memperkecil terjadinya bencana,” pungkas Kapten Arh Jaminah Arie Yanto. (Sumber Kodim 0506/Tgr)


Pos terkait