Dandim 0506 Tgr Bersama Forkopimda Hadiri Pembukaan MTQ Ke XIV Tingkat Kota Tangerang Selatan

GAYABEKASI.ID | Kodam Jaya, Tangerang – Komandan Kodim 0506/Tangerang Letkol Inf Ali Imran bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Tangerang Selatan menghadiri acara pembukaan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke XIV Tahun 2023 Tingkat Kota Tangerang Selatan di Gedung Fakultas Kedokteran UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Jl Kertamukti, Kel. Pisangan, Kec. Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, yg dihadiri -+ 1000 orang.

Pembukaan MTQ juga menampilkan, tarian Benteng Banten, Defile peserta MTQ, dan Pembacaan Ayat Suci Al-Quran, dilanjutkan Pembacaan Surat Keputusan Dewan Hakim MTQ Ke XIV serta Pelantikan Dewan Hakim MTQ Ke XIV.

Bacaan Lainnya

Untu MTQ XIV Tingkat Kota Tangsel Tahun 2023 ini, diperlombakan Bidang Tilawah dan Syarhil Qur’an, Bidang Tahfizh dan Qiraat Sab’ah, Bidang Tafsir Bahasa Arab, Bidang Tafsir Bahasa Inggris, Bidang MKQ (Kaligrafi), Bidang MQK (Qiroatul Kutub), dan Bidang Hadits, serta Tilawah khusus PNS.

Ketua Panitia Sambutan Dadang Raharja Asda 1 dalam sambutan singkatnya mengatakan, dengan Ikhtiar, Doa, dan tawakkal mutlak, bersama kita sukseskan kegiatan MTQ XIV Tingkat Kota Tangerang Selatan Tahun 2023.

Sedangkan Ahmad Tholabi Kharlie Ketua Harian LPTQ Banten menyampaikan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Pemkot Tangsel yang telah melaksanakan MTQ XIV Tingkat Kota Tangsel.

“Ada anggapan MTQ tingkat Kota Tangsel ini, serasa MTQ Nasional. Hal ini, karena Tangsel memiliki pembina dan Dewan Hakim yang berkualitas. Semoga dari MTQ ini, diharapkan mampu melahirkan sumber daya manusia yang profesional dan berkualitas luar biasa,” ungkapnya.

Selanjutnya, H Benyamien Davnie Walikota Tangerang Selatan dalam sambutannya mengucapkan, Alhamdulillah, di tahun 2023 ini, kita bisa menyelenggarakan kegiatan MTQ, dimana di tahun sebelumnya tidak dapat melaksanakannya karena pandemi COVID – 19. Untuk itu, tetap jaga protokol kesehatan setiap saat.

” MTQ bukan seremonial belaka, tapi salah satu syiar Islam dalam upaya mewujudkan Kota Tangsel yang religius. Karenanya, kepada majelis hakim dan panitia agar melakukan penilaian dengan sebaik – baiknya untuk melahirkan Khalifah Khalifah MTQ yang handal.” kata Benyamien.

Hal ini disampaikan Benyamen karena, Kafilah Tangsel telah menjadi juara umum sebanyak delapan kali dimana kita berhasil meraih tujub kali juara berturut – turut sejak tahun 2014 – 2021.

“Prestasi ini sekaligus mencetak sejarah sebagai kafilah MTQ pertama di Indonesia yang menoreh prestasi tersebut.” ucapnya.

Ia juga mengatakan bahwa, pada perlombaan MTQ Tingkat Provinsi Banten 2023, kita di peringkat ke tiga dibawah Kabupaten Tangerang dan Kabupaten Serang,. Semoga di tahun 2023 ini, Kota Tangsel bisa merebut kembali Juara Umum MTQ Tingkat Provinsi Banten.

Sebelum mengakhiri kata sambutanya, Benyamien Davnie menyampaikan pesan agar nilai-nilai Islam harus ditanamkan mulai dari keluarga, sekolah, dan masyarakat. Saya yakin dengan pemahaman Islam yang baik akan memperkokoh ukhuwah Islamiyah, Wathoniyah, dan Basyariah.

Di sela – sela acara, Dandim 0506/Tgr Letkol Inf Ali Imran menyampaikan apresiasi diselenggarakannya ajang MTQ dimana di ajang ini berkumandangnya ayat – ayat Al Quran yang akan terpancar ke hati sanubari umat Islam karena mengandung nilai agama yang cukup tinggi.

“Ini dapat membangkitkan kembali semangat generasi muda dan masyarakat untuk membaca memahami dan membanggakan nilai-nilai Al-Qur’an dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,”kata Dandim.

Letkol Inf Ali Imran, juga mengutarakan, jika Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) menjadi salah satu jalan untuk menciptakan generasi unggulan yang mampu menjadi teladan.

“Tidak hanya menguasai Ilmu agama, tetapi juga mampu mempraktekkan, serta menjunjung tinggi etika dan moral. Oleh karena itu, MTQ tidak sekadar mempertontonkan eksklusivitas spiritual, tetapi juga mengandung nilai-nilai keberagamaan,” lanjut Dandim.

“Semoga pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Qur’an/MTQ Ke- XIV Tingkat Kota Tangerang Selatan berjalan sukses, aman dan lancar serta melahirkan para juara kalimat Allah SWT.” pungkas Dandim.

Secara resmi pembukaan dilakukan dengan Pemukulan Rebana oleh Benyamin Davnie Walikota Tangsel didamping Forkompinda Tangsel menandai Pembukaan MTQ XIV Tingkat Kota Tangsel Tahun 2023.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Drs. H. Benyamin Davnie Walikota Tangsel, Letkol Inf Ali Imran Dandim 0506/Tgr, AKBP. Faisal Febrianto.,S.I.K., M.Si, Prof. DR Hj Amany Lubis MA Rektor UIN Jakarta, DR.H Makmun Murod Rektor UMJ,  H. Pilar Saga Ichsan ST Wakil Walikota Tangsel, H. Dedi Mahfudin Kepala Kantor Kemenag Tangsel

,Bambang Nurtjahjo SE Sekda Tangsel, Drs. H. Dadang Raharja M.Si Asda 1, H. Ahmad Tholabi Kharlie Ketua Harian LPTQ Banten, M. Sobron Zayyan Ketua Harian LPTQ Tangsel, Silvia Rosalina SH, MH Kejari Tangsel, Dewan Pengawas BPKH, DR. H Rozikin SH, Kepala BJB Cab. Tangsel, Edy Kurniawan dan ±1000 peserta. (Sumber Kodim 0506/Tgr)

Pos terkait