Batalyon Infanteri Mekanis 202 Tajimalela Bersama Unsur Terkait Melaksanakan Lattis Penanggulangan Bencana Alam

GAYABEKASI.ID | Kodam Jaya – Batalyon Infanteri Mekanis 202/Tajimalela bersama Unsur Terkait melaksanakan Lattis Penanggulangan Bencana Alam, bertempat di Bendungan Koja-Kel. Jatiasih Kec. Jatiasih Kota Bekasi.

Beberapa perserta latihan dari Batalyon Infanteri Mekanis 202/Tajimalela, dibawah pimpinan Letda Inf Nasri Wandi ikut dalam kegiatan apel pengecekan personil dan materiil dalam rangka, Latihan Taktis Penanggulangan Bencana Alam, Jum’at (2/12/2022)

Bacaan Lainnya

Kegiatan Latihan Taktis Penanggulangan Bencana Alam dimulai dari penyiapan perlengkapan dari mulai Rompi Keselamatan/Pelampung Badan, Helm untuk mengantisipasi benturan benda keras dan tajam ke arah kepala personel,

serta penyiapan Perahu Karet (LCR) dan Dayung. Para personil membawa Perahu tersebut ke Bendungan Koja yang diperanggapkan area situasi banjir sebenarnya, untuk menyelamatkan korban yang terbawa arus banjir, dan setelah itu

para peserta mendayung LCR tsb ke-arah korban untuk melakukan penyelamatan dan dibawa ke daratan untuk pertolongan pertama sebelum korban dievakuasi ke Pos Kesehatan Posko Bencana.

Keterlibatan TNI dalam proses menangani bencana alam merujuk pada pasal 07 Undang-Undang RI No. 34 Tahun 2004 tentang Tugas Pokok TNI yaitu Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

Latihan ini bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan satuan dalam merencanakan, mempersiapkan dan menghadapi penanggulangan

bencana alam, serta untuk meningkatkan kerjasama antar instansi dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana alam di wilayah masing-masing.


Pos terkait