Babinsa Kodim 0818 Malang Batu Bersama Masyarakat Bersihkan Lumpur Banjir

GAYABEKASI.ID | MALANG – Pasca banjir bandang yang terjadi beberapa waktu lalu di sebagian wilayah Malang Selatan mengakibatkan beberapa desa di Kecamatan Tirtoyudo terdampak longsor. Terutama Desa Pujiharjo, lumpur hampir menutupi jalan serta tanah longsor yang menerjang rumah warga.

Agar tidak menghambat aktifitas masyarakat, Babinsa jajaran Kodim 0818 Malang – Batu bersama warga masyarakat melaksanakan gotong royong pembersihan lumpur, Jumat (21/22).

Bacaan Lainnya

Dengan menggunakan alat seadanya seperti cangkul dan sekop untuk mengangkat lumpur.

Selain itu dilakukan penyemperotan air oleh Babinsa bersama instansi terkait dan pemerintah desa terus melakukan langkah-langkah penanganan pasca banjir di wilayah Kecamatan Tirtoyudo,


Komandan Kodim 0818 Letkol Inf Taufik Hidayat mengatakan cuaca ekstrem yang terjadi belakangan ini mengakibatkan berbagai permasalahan.

Oleh karena itu pihaknya telah menginstruksikan jajaran untuk melaksanakan langkah antisipasi dan membantu dalam penanganan kejadian yang disebabkan oleh cuaca ekstrem tersebut.

“Seperti kegiatan pembersihan jalan yang dilakukan Babinsa bersama masyarakat agar jalan aman saat dilintasi dan tidak mengakibatkan kecelakaan akibat licin adanya lumpur sebelumnya,” kata Dandim 0818.

Dandim berharap masyarakat tetap waspada dengan cuaca yang berubah-ubah belakangan ini.


“Saya juga mengajak masyarakat untuk tetap waspada terhadap gejala perubahan cuaca ekstrem yang dapat mengakibatkan bencana alam secara tiba – tiba segera

hubungi Koramil, Polsek dan Instansi terkait apabila terjadi bencana susulan agar dapat segera dilakukan evakuasi,” Ujarnya.


Pos terkait