Koramil 0818 – 14 Turen Melaksanakan Vaksinasi Boster Di Kelurahan Sedayu

GAYABEKASI.ID | MALANG – TNI melalui satuan kewilayahan, Kodim dan Koramil terus menggenjot pelaksanaan vaksinasi booster bagi masyarakat di wilayah binaan usia 18 tahun keatas dengan prioritas kelompok masyarakat lanjut usia (lansia) kali ini digelar di Kelurahan Sedayu yang masuk dalam wilayah binaan Koramil 0818/14 Turen, Jumat ( 22/07/2022).

Namun masih banyak warga yang masih takut dan ragu karena kawatir mengalami reaksi atau Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) yang dianggapnya sangat membahayakan.
KIPI ini juga sering disebut dengan efek samping yang dirasakan setelah mendapatkan vaksinasi Covid-19, namun hal ini sebatas gejala yang bersifat ringan, seperti pusing, sakit kepala ataupun demam.

Bacaan Lainnya

Vaksinasi Booster merupakan vaksinasi Covid-19 setelah seseorang mendapat vaksinasi primer dosis lengkap yang ditujukan untuk mempertahankan tingkat kekebalan serta memperpanjang masa perlindungan.


Berbagai studi menunjukkan telah terjadi penurunan antibodi pada enam bulan setelah mendapatkan vaksinasi Covid-19 dosis primer lengkap.

Sehingga dibutuhkan pemberian dosis lanjutan (Booster) untuk meningkatkan proteksi individu terutama pada kelompok masyarakat rentan.
Danramil 0818/14 Turen Kapten Inf Yuyud menuturkan, KIPI adalah sesuatu hal yang wajar muncul pasca imunisasi.

“Yang perlu dicatat dan diperhatikan bahwa KIPI atau reaksi yang muncul setelah vaksinasi jauh lebih ringan dibandingkan terkena Covid-19 atau komplikasi yang disebabkan oleh virus,” ujarnya.

Dan yang perlu menjadi perhatian setelah mendapat vaksinasi dosis lengkap, yakni masyarakat harus lebih waspada terhadap penyebaran Covid-19 berikut mutasi virus

dan turunannya, tidak boleh abai dan harus tetap menerapkan protokol kesehatan, karena upaya ini merupakan cara yang paling tepat untuk keluar dari pandemi ini, katanya.


Pos terkait