Wasbang MPLS, Danramil 05 Cpt Tumbuhkan Rasa Semangat CInta Tanah Air

GAYABEKASI.ID | Kodam Jaya, Tangerang – Komandan Koramil 05/CIputat Kapten Inf Rahmat Sentosa, memberikan materi Wawasan Kebangsaan (Wasbang) dalam rangka Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah ( MPLS) Tahun Ajaran 2022, kepada siswa siswi baru SMK Darussalam Jl. Otista Raya, Kel Ciputat, Kec. Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Rabu (20/07/2022).

“Materi Wawasan Kebangsaan bertujuan agar pelajar lebih mengenal dekat Pancasila sebagai Dasar Negara,” kata Dandim 0506/Tgr Letkol Inf Ali Imran melalui Danramil 05/Ciputat Kapten Inf Rahmat Sentosa.

Bacaan Lainnya

“Materi Wasbang ini dapat membentuk karakter para siswa – siswi untuk cinta kepada tanah air Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Lebih dari itu, agar para siswa-siswi dapat pula menghargai jasa para pejuang negara dan pahlawan bangsa, sehingga diharapkan

mereka termotivasi untuk mengisi kemerdekaan dengan menunjukkan prestasi di segala bidang akademik, yang nantinya dapat mengharumkan nama pribadi, sekolah serta orang tua,” kata Kapten Inf Rahmat Sentosa.

Lanjutnya, tujuan utama wawasan kebangsaan adalah membangun dan mengembangkan persatuan dan kesatuan, salah satu manfaat dari wawasan kebangsaan adalah timbulnya rasa menjiwai semangat bangsa.

“Melalui wawasan ini, kita harapkan siswa – siswi peserta MPLS  sebagai calon generasi bangsa semakin
memiliki rasa bela negara, cinta tanah air serta memiliki semangat kebangsaan yang tinggi dan rasa memiliki bangsa yang utuh dalam bingkai NKRI,” tegas Danramil.

Untuk itu, lanjut Danramil, agar para siswa siswi untuk menjauhi semua perbuatan tidak baik yang dapat menghancurkan masa depan, seperti narkoba, minuman keras, perkelahian antar pelajar, pergaulan bebas dan hal negatif lainnya.

“Hindari diri dari hal-hal yang bersifat radikalisme, serta tidak melupakan Ideologi Bangsa Indonesia.” ujar Danramil.

Selanjutnya, Kapten Inf Rahmat Sentosa juga berpesan kepada seluruh siswa dan siswi untuk rajin belajar, taat kepada orang tua/guru, serta menjadi suri tauladan bagi keluarga maupun orang lain.

“Fokuslah menuntut ilmu, dengan rajin belajar guna meraih cita – cita masa depan yang baik dan membanggakan orang tua . Mereka adalah calon pemimpin dan generasi penerus bangsa,” pungkas Kapten Inf Rahmat Sentosa. (sumber Kodim 0506/Tgr)


Pos terkait