Menjelang Puasa Ramadhan Polres Metro Bekasi Kota Lakukan Apel Kesiapan Polisi RW

GAYABEKASI.ID | BEKASI – Wakapolres Metro Bekasi Kota AKBP Rama Samtama Putra, S.I.k, M.H M.Si pimpin apel Kesiapan Polisi RW dihalaman polres metro Bekasi Kota, Selasa (21//30/23) sore.

Apel Koordinasi Polisi RW juga diikuti oleh Pejabat Utama Polres Metro Bekasi Kota dan Kapolsek Jajaran, Saat mengucapkan amanatnya, Wakapolres membacakan amanat tertulis Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Pol Dani Hamdani yang saat bersama ada kegiatan di Mapolda Metro Jaya.

Bacaan Lainnya

Selanjutnya Wakapolres memberikan himbauan dan pesan dalam melaksanakan tugas sebagai Polisi RW kepada peserta Apel yang terdiri dari Polisi yang ditunjuk menjadi Polisi RW mulai pangkat Brigadir hingga Perwira Menengah, diketahui Wakapolres sendiri menjadi Polisi RW 14 Harapan Jaya Bekasi Utara.

Wakapolres AKBP Rama Samtama Putra S.I.K M.H M.Si kepada media usai apel koordinasi mengatakan Polisi RW tujuannya pentingnya bagaimana mendekatkan diri kepada masyarakat, meraih kembali kepercayaan masyarakat.

“Polisi RW merupakan program dari Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran yang mengedepankan Preventif dan Preemtif, melalui program polisi RW ini diharapkan fungsi-fungsi pencegahan ini lebih kita ke depankan, ini di kedepankan dengan keberadaan polisi RW ini, jadi satu RW satu polisi,” kata Wakpolres AKBP Rama Samtama Putra.

Menurut Wakapolres, keberadaan Bhabinkamtibmas yang mempunyai ruang lingkup kelurahan, dirasakan terlalu berat. Maka dengan adanya Polisi RW ini setiap permasalahan di masyarakat dapat tertangani dengan cepat.

“Bhabinkamtibmas itu dipandang kurang menjangkau, kalau satu polisi satu RW ini diharapkan lebih menyentuh ke sasaran, sehingga apa yang menjadi potensi-potensi persoalan di tingkat RW itu bisa langsung terdeteksi,” ujar Wakapolres.

Ditambahkannya, Polisi RW juga berkewajiban untuk melakukan upaya-upaya Problem Solving terhadap setiap permasalahan yang ada di tingkat RW. Saat ini ada 1.019 personil Polri akan disebar di 1.019 RW yang ada di 56 kelurahan dan 12 kecamatan ditambah 220 personil Polda pun ikut dilibatkan

Hal lain kata Wakapolres, mencari sosok polisi RW ini juga tidak sembarangan, ada kriteria-kriteria tertentu mulai dari kepangkatan, kemudian kemampuan komunikasi dan jam terbang di masing-masing bidang fungsi, itu juga diperlukan.

“Segala potensi gangguan Kamtibmas, diharapkan polisi RW ini berperan untuk mendeteksi dari awal sehingga kalau dia tidak mampu menyelesaikan di tingkat RW, namun tetap ada keterlibatan polisi,” tutupnya.


Pos terkait