IPM Bukittinggi Meningkat Dratis Selama Tahun 2022

GAYABEKASI.ID | BUKITTINGGI — Wali Kota Bukittinggi, Sumatera Barat mengungkap capaian peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Bukittinggi selama 2022 dengan kategori “Sangat Tinggi” melalui beragam kebijakan yang dilakukannya

“Tahun 2022, IPM Bukittinggi meningkat drastis hingga meraih nilai 81,42 melampaui target 81,14, kami terus melahirkan kebijakan program pembangunan berbasis masyarakat, hasilnya signifikan,” kata Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar.

Ia menyebutkan, IPM Kota Bukittinggi meraih poin 80,58 pada 2020, menjadi 80,70 pada tahun 2021 atau meningkat sebesar 0,12 persen dan meningkat cukup signifikan pada 2022 menjadi 81,42 atau mengalami peningkatan sebesar 0,72 persen.

“Capain IPM Kota Bukittinggi tahun 2022 ini melampaui target yang ditetapkan pada RPJMD, ini juga berada di atas capaian provinsi bahkan nasional dan berada di urutan tertinggi kedua di Provinsi Sumatera Barat setelah Kota Padang,” kata Erman.

IPM merupakan indikator untuk menghitung keberhasilan dalam upaya membangun kualitas hidup manusia.

Ada tiga dimensi dasar dalam penentuan IPM, yaitu umur panjang dan hidup sehat, pengetahuan atau harapan lama sekolah dan rata rata, lama sekolah, serta standar hidup layak atau pengeluaran per kapita.

“Ketiga dimensi IPM Kota Bukittinggi tercatat meningkat dengan baik, bahkan capaian usia harapan hidup Kota Bukittinggi merupakan yang tertinggi di Sumatera Barat,” kata Wako.

Pos terkait