Pemko Bukittinggi Raih Pencapaian IPM Tertinggi

GAYABEKASI.ID | BUKITTINGGI — Pemerintahan Kota Bukittinggi berhasil meraih IPM tertinggi dan melampaui target seperti yang ditetapkan dalam RPJMD Kota Bukittinggi. Capaian ini melampaui target capaian pada tahun 2022 yang ditetapkan RPJMD Kota Bukittinggi yang hanya sebesar 81,14 hal ini juga berada diatas capaian propinsi bahkan nasional dan Bukittinggi berada pada urutan kedua setelah Kota Padang.

“Hal ini dibenarkan oleh Walikota Bukittinggi H. Erman Safar, SH saat dihubungi melalui salah satu media sosial, Wako mengatakan, IPM (Indeks Pembangunan Manusia) merupakan indikator untuk menghitung keberhasilan dalam upaya membangun kualitas hidup Manusia.

Ada 3 dimensi Dasar dalam menentukan IPM Kota Bukitttinggi yakni Umur Panjang dan Hidup Sehat (Usia Dan Harapan Hidup), yang kedua Pengetahuan (Harapan Lama sekolah dan Rata-;rata lama sekolah) dan yang ketiga Standard Hidup Layak (Pengeluaran Perkapita), “ungkap H.Erman Syapar

Beliau menambahkan, ketiga dimensi IPM Bukittinggi diatas tercatat meningkat dengan baik, bahkan capaian usia harapan hidup Kota Bukittinggi merupakan yang tertinggi di Sumatera Barat.

Usia Harapan Hidup Kota Bukittinggi mencapai 81.42 tahun pada tahun 2022, untuk harapan dan rata-rata lama sekolah mencapai 14,99 tahun, dan terakhir Pengeluaran Perkapita padatuhun 2022 meningkat menjadi Rp. 13.633.000/ribu rupiah/orang/tahun, pungkas Erman mengakhiri. Data diatas berdasarkan dari data Badan Pusat Statistik Sumatera Barat tahun 2023.


Pos terkait