Satgas Yonif 600-Modang Berhasil Yakinkan Masyarakat Kembali ke Kampung Suru-Suru Setelah 14 Bulan Ditinggalkan Mengungsi

GAYABEKASI.ID | MERAUKE — ­ Keberadaan Satgas Satuan Organik Yonif 600/Modang Kolakops Korem 174/ATW yang sedang melaksanakan tugas pengamanan di wilayah Distrik Suru-Suru Kab. Yahukimo berhasil meyakinkan kepada Pejabat Pemerintah Distrik Suru-Suru yang selama ini mengungsi, akhirnya bersedia untuk kembali dan untuk meyakinkan bahwa di wilayah Kampung Suru-Suru telah aman.

Hal tersebut dibuktikan dengan kedatangan Kepala Distrik Suru-Suru Bapak Sefanya Payage dan rombongan dengan jumlah 5 orang, telah berhasil tiba di Kampung Suru-Suru dalam keadaan aman dan disambut oleh Danpos Satgas Yonif R 600/Modang, Kapten Inf Gilang.

Bacaan Lainnya

Bapak Sefanya Payage berangkat dari Agats Kab. Asmat sekitar pukul 06.30 WIT dengan menempuh perjalanan sungai selama 7 jam menggunakan speed boat, Sabtu (28/01/2023).

Setibanya di Distrik Suru-Suru, Sefanya Kayage mengatakan dihadapan Danpos Satgas Satuan Organik Yonif 600/Modang bahwa kedatangannya bersama rombongan tersebut ingin memastikan bahwa Distrik Suru-Suru dalam keadaan aman, kemudian agar disampaikan kepada warganya agar diajak kembali dari pengungsian.

Selama 14 bulan Distrik Suru-Suru menjadi sebuah wilayah yang tak berpenghuni sejak terjadinya penyerangan KKB di Distrik Suru-Suru dengan menyerang Pos TNI serta membakar beberapa rumah, sehingga masyarakat dan aparat pemerintah, petugas kesehatan, bandara,

Dan pelabuhan hingga para pendeta meninggalkan Distrik Suru-Suru guna untuk menyelamatkan diri, dan tersebar ke berbagai daerah. Pasca Penyerangan Pok KKB ke Suru-Suru hanya Pos TNI yang masih bertahan, guna untuk mengamankan wilayah tersebut.

Pos terkait