Bukti Karya Pengabdian kepada Masyarakat, Fakultas Teknik Universitas Muhammmadiyah Sumatera Barat, di Kampung Sarugo, Ini Beritanya

GAYABEKASI.ID | BUKITTINGGI — H. Jon Afnil, S.T, M.T, adalah sosok seorang dosen pada Fakultas Teknik, yang dipercayakan melalui SK Dekan Fakultas Teknik sebagai ketua, untuk mengadakan sebuah kegiatan yang bernama Pengabdian Kepada Masyarakat.

Kepanitiaan yang dibentuk tersebut, Jon Afnil juga di dampingi oleh ketua Penanggung jawab bidang kemahasiswaan Ir. Surya Eka Priana, M.T, serta beberapa ketua Prodi setiap jurusan yang ada di Fakultas Teknik

Bacaan Lainnya

Selaku ketua pelaksana, Jon yang panggilan sapaannya, mengutarakan bahwa kegiatan ini baru pertama kalinya dilaksanakan oleh fakultas teknik, yang di ikuti oleh semua mahasiswa khusus semester I dengan jurusan Sipil, Mesin, dan Elektro, demikian ungkapnya.

Saat di konfirmasi oleh awak media, Jon sampaikan, bahwa mahasiswa yang mengikuti program pengabdian kepada masyarakat ini berjumlah 135 orang, dan dari jumlah ini bersatu semua jurusan yang ada di fakultas teknik. Semua mahasiswa ini di wajibkan untuk mengikuti program ini.

Jon memberikan alasan, kenapa mahasiswa diwajibkan untuk ikuti acara ini, karena mahasiswa kita, baru menginjak dewasa, baru tamat dari pendidikan SLTA, yang selama ini masih berada di ketiak orang tua.

Nah, saat menjadi mahasiswa, mereka mengikuti pendidikan kuliah dan mulai berpisah dengan orang tuanya. Disinilah peran kampus memberikan kepada mahasiswa untuk belajar mandiri, besosialisasi dengan masyarakat, dan memaknai kehidupan tanpa ada bantuan dari orang tua.

Dengan peran pengabdian kepada masyarakat inilah, Jon berharap kepada mahasiswa, agar dengan pengabdian yang dilakukan itu merupakan sebagai wadah untuk membentuk karakter, merubah watak, dan mengetahui bagaimana kehidupan masyarakat yang selalu menanamkan rasa kebersamaan, kekompakan, gotong royong.

Pos terkait