Pengabdian kepada Masyarakat, Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat, di Kampung Sarugo

GAYABEKASI.ID | BUKITTINGGI — Kampung Wisata Sarugo, yang berada di Kabupaten Lima Puluh Kota, dan berjarak 43 km dari Kota Payakumbuh, tepat posisinya terletak di Jorong Sungai Dadok, Nagari Koto Tinggi kecamatan Gunung Omeh, adalah dimana terdapat puluhan rumah yang bergonjong, yang bisa dijadikan tempat wisata dan liburan keluarga

Serta kampung Sarugo ini merupakan salah satu penerima Anugerah Pesona Indonesia (API) pada tahun 2020, dengan Kategori Desa Adat. Hal ini wajarlah dan layak kampung Sarugo ini menerima anugerah tersebut, karena masih terpeliharanya rumah adat Minang, dari Gonjong yang berjumlah Lima serta susunan rumah gadang yang sejajar yang menghadap ke timur.

Bacaan Lainnya

Dikampung Sarugo ini dalam kehidupan sehari-hari, menggunakan filosofi nenek moyang, hidup rukun, saling bantu membantu, disamping anak nagari yang masih mempertahankan permainan tradisional dan ketentuan adat yang masih dipegang teguh oleh masyarakat dan pemuka adat dikampung Sarugo. Juga kondisi alam yang masih murni, yang belum terjamah oleh polusi industri.

Dari uraian di atas, Dekan Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat, Masril, M.T, memilih lokasi Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) bagi mahasiswa semester I tahun ajaran 2022-2023, yang berlangsung sejak tgl 15-18 Desember 2022.

Alasan Masril, yang sebagai Pengarah pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat, memilih kampung Sarugo ini, sebagai tempat untuk pengabdian kepada masyarakat, bagi mahasiswa baru semester I, yaitu agar lebih mengenal tatanan hidup di kampung, dan mengetahui pola hidup dikampung yang masih terjaga dengan rapih, dan terpelihara secara turun temurun.

Dengan semangat hidup bergotong royong, dan kekompakan, kebersamaan serta patuh kepada pimpinan adat dalam melaksanakan kehidupan sehari-hari, ini hendaknya dapat diambil maknanya oleh mahasiswa yang mengikuti pengabdian kepada masyarakat di kampung Sarugo ini, ujar Masril.

Pos terkait