Hari Kedua Latgulbencal Tingkat Korem 051 Wkt, Personil Kodim 0507 Bekasi Laksanakan Simulasi Penyelamatan Korban Banjir

GAYABEKASI.ID | Kodam Jaya, Kota Bekasi – Bertempat di Komplek lapangan Meikarta Central Park, Cikarang Pusat, Kab.Bekasi, Latihan penanggulangan bencana alam (Latgulbencal) Korem 051/Wkt TA 2022 memasuki hari kedua.

Pada latihan tersebut Kodim 0507/Bekasi turut mengirimkan para personil Babinsa nya untuk melaksanakan latihan bersama dengan personil lainnya dari tiap tiap Kodim di Jajaran Korem 051/Wkt.

Bacaan Lainnya

Dandim 0507/Bekasi melalui Pasiops nya Mayor Inf Sutadi mengatakan bahwa Latihan ini bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan satuan teritorial dalam merencanakan,

mempersiapkan dan melaksanakan penanggulangan bencana alam di wilayahnya. Dengan demikian jatuhnya korban jiwa akibat bencana dapat diminimalisir. ucap Mayor Sutadi.

Untuk itu kita perlu senantiasa mewaspadai segala bentuk kejadian bencana yang mungkin terjadi dengan melatih kesiapsiagaan dan melaksanakan latihan-latihan menghadapi bencana.

“Kali ini, di hari kedua para personil Kodim 0507/Bekasi melakukan simulasi penyelamatan korban banjir yang terseret arus”,terang Mayor Sutadi.

“Kegiatan tersebut di mulai dari penyiapan perlangkapan dari mulai rompi keselamatan/pelampung badan, helm untuk menghidari luka apabila terjadi benturan benturan ke arah kepala, selanjutnya penyiapan perahu karet/LCR dan dayung”,jelasnya.

“Selanjutnya para personil membawa perahu tersebut ke Danau yang di peranggapkan di situasi banjir sebenarnya untuk menyelamatkan korban yang terbawa arus banjir”, Dan Setelah itu para

peserta mendayung dengan ke arah korban untuk melakukan penyelamatan dan di bawa ke daratan untuk di bawa ke pos kesehatan untuk di berikan pertolongan”, lanjutnya.

Selain itu, Dalam latihan tersebut juga di lakukan pelatihan penyiapan pos-pos seperti pos kesehatan, dapur umum dan lain lain. yang di latihan di hari pertama (28/11). pungkas Mayor Sutadi.

Turut hadir dan mengikuti latihan tersebut diantaranya personil dari Korem 051/Wkt, personil dari tiap tiap Kodim, personil kepolisian (Polres/Polsek), personil BPBD Kota/Kab Bekasi dan Perwakilan dari Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Dinas PU dan Para Danramil Satuan Jajaran. (Sumber Kodim 0507/Bekasi).


Pos terkait