Wisuda 43 Santri pada Level Hafalan Berbeda, RTQ Ubay Bin Ka’ab Kedatangan Bupati Agam

GAYABEKASI.ID | KAB AGAM — Rumah Tahfidz Qur’an (RTQ) Ubay Bin Ka’ab Wisuda 43 Santri pada Level hafalan berbeda yang langsung dihadiri oleh Camat matua Subchan S.Psi.MSI, serta KUA Matur yakni Khaidir Abdi.SH.MH, dihadiri ikatan perantau Matua Saiyo Jakarta yang diwakili ibu Sunarti Aisyah dan ibu Farida,serta ikatan matua Saiyo kota Padang yang dihadiri oleh Bapak Ilham, Walinagari sekecamatan matua dan wali jorong sekenagarian Matua Hilia, tidak luput juga kehadiran Walinagari Matua Novrizal Anas, serta Apal sekretaris RTQ Ubay Bin Ka’ab. Pada Kamis (08/09).

Kegiatan wisuda didahului pawai Alegoris, dengan dukungan dari Masyarakat dan wali jorong di Nagari Matua Hilia sejak persiapan kegiatan hingga pelaksanaan, berupa Goro dan swadaya masyarakat.

Bacaan Lainnya

Andri Warman selaku Bupati Agam yang hadir pada kegiatan wisuda tersebut sangat mengapresiasi RTQ Ubay Bin Ka’ab. Beliau sangat antusias memberikan sambutan dan menyampaikan harapannya semoga anak-anak ini nantinya bisa lebih mempertajam lagi hafalannya.

Dalam kesempatan itu, Beliau juga menjelaskan, “kegiatan ini sudah sejalan dengan program unggulan pemerintah daerah Kabupaten Agam yang beliau pimpin serta menjelaskan program unggulan lainnya seperti pengembangan pendidikan adat istiadat dan bahasa Inggris”, ucap Andri Warman.

Bapak Bupati juga melakukan pemindahan tali toga secara simbolis pada perwakilan santri yang diwisuda, serta menerima piagam penghargaan dari rumah tahfiz Qur’an Rtq Ubay Bin Ka’ab yang langsung diberikan oleh kepala RTQ Ubay Bin Ka’ab ustadz yakni Alfandrizal.S.Pd.I.

Menurut informasi yang didapat, bahwa Rumah Tahfidz Qur’an Ubay Bin Ka’ab (RTQ UBK) adalah lembaga pendidikan agama yang bergerak dibidang pembinaan Tahfidz yang berlokasi di Jorong Labuang XX Kenagarian Matua Hilia. Didirikan bulan Juli 2017 silam dengan memanfaatkan gedung Wakaf MAS sebagai tempat proses belajar mengajar Tahfidz.


Sejak pertama didirikan, lembaga ini dikepalai oleh Ustadz Alfiandrizal. S.Pd.I dan dibantu oleh beberapa tenaga pengajar yang merupakan Anak Nagari Kecamatan Matua. Dalam perjalanannya, RTQ Ubay Bin Ka’ab mendapat tempat di hati masyarakat, disamping kegiatan disini tidak dipungut biaya kepada peserta juga proses belajar mengajarnya yang menarik hati anak remaja Nagari Matua Hilia.

RTQ UBK telah memberikan sumbangsihnya melalui prestasi anak didik yang berpartisipasi dalam berbagai perlombaan Tahfidz /MTQ, baik skala Kecamatan hingga tingkat Kabupaten. Tercatat atas nama Khairulil Abrar (Kls 4 SD), Juara III Kategori 1 Juz untuk Agam Timur dan Kota Bukittinggi (2021). Kemudian Gimmela Salsabila P. (Kelas XI MAN-8 Juz ), Juara II Tahfidz 5 Juz tingkat Kabupaten Agam tahun 2022 dan prestasi lainnya yang ditorehkan ditingkat kecamatan Matur oleh santri RTQ UBK sendiri.

Beberapa santri yang memiliki kategori hafalan 5 juz antara lain Khairatul Adinda, Nabila Umra Ludfyana, Afra Afifah,Veviola Lathifah Gani, dan Khairulil Abrar. Hafalan 4 juz adalah Stefyza Umra Tilova, Nabila Rahmawati ,Muthia Dkhalisa dll. Yang memiliki hafalan 1 juz mencapai 25 orang, selebihnya hafalan 2 Juz (4 Orang) dan 3 juz (4 Orang).

Adapun jumlah Murid RTQ UBK sejak berdiri dari tahun 2017-2018 berjumlah 130 orang. Tahun 2019-2021 sebanyak 150 orang, dan tahun 2022 ( 95 orang ). Santri yang diterima adalah usia 6 tahun hingga 16 Tahun. Daerah asal santri tidak hanya dari kenagarian Matua Hilia saja, juga dari Nagari Matua Mudik, Lawang, dan Ambun Pagi.

Proses Belajar Mengajar Rabu-Kamis-Jum’at Bakda Ashar hingga pukul 18.00 WIB Sekali sebulan melakukan Malam Bina Iman dan Taqwa tidak hanya fokus kepada hafalan, juga pembentukan akhlak dan Ibadah santri menjadi tujuan RTQ didirikan adapun saat ini santri yang diwisuda angkatan ke-3 sebanyak 43 orang sebelumnya telah melaksanakan Wisuda Tahfidz sebanyak 2 kali (2018 & 2019).


Pos terkait