Meriahkan HUT ke -77 RI, SD Negeri Kayuringin Jaya ll Gelar Karnaval Kemerdekaan dan Pentas Seni

GAYABEKASI.ID | KOTA BEKASI – Meriahkan Hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia, siswa SDN Kayuringin Jaya ll, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi bersama guru, staf, karyawan, Wali Siswa dan semua siswa menggelar karnaval pada Kamis 18 Agustus 2022.

Karnaval dilaksanakan dengan start dan finish halaman SDN Kayuringin Jaya ll, dengan menempuh jarak sekitar 3 km yaitu kearah pasar poncol kemudian memutar dan kembali finish di halaman SDN Kayuringin Jaya ll.

Bacaan Lainnya

Karnaval itu diikuti oleh semua siswa dari kelas 1 hingga kelas 6. Siswa mengenakan pakaian adat, dan kostum unik lainnya. Setelah karnaval dilanjutkan pentas seni dari masing-masing kelas, semakin meriah dengan tampilan tarian, pencak silat,

menyanyi dari murid-murid yang mengenakan pakaian adat. Guru beserta komite yang berdendang diiringi Lirik lagu kewer-kewer yang bergenre dangdut.

Suasana tambah meriah saat salah satu murid kelas 4 meramaikan acara dengan menyanyikan lagu berjudul Ojo Dibandingke.walaupun kelihatan grogi, Lagu campur sari itu membuat terkesima dan pada joget terhibur dengan nyanyiannya.

“Kegiatan berbagai macam lomba dan hari ini karnaval adalah dalam rangka memeriahkan HUT ke-77 Republik Indonesia. Ini juga sebagai pengobat rindu setelah dua tahun vakum tanpa kegiatan karena dampak pandemi covid-19,” kata Rasmi Pauziah ketua panitia kegiatan.

Lanjutnya,” acara karnaval dan kreasi seni seperti hari ini bisa berjalan dengan baik tentunya karena kami berkoordinasi dengan banyak pihak, dengan Komite, dengan korlas, dengan teman-teman sejawat dari kelas 1 sampai kelas 6, kita berkoordinasi bagaimana caranya kita mengadakan kegiatan agustusan ini.

Dan setelah di sepakati kita akan mengadakan acara karnaval, kita rencanakan dan bersama-sama kita bicarakan dengan semua bagaimana karnaval itu menarik untuk ditonton,

akhirnya kita sepakati menampilkan berbagai kostum dan tarian unik. Dan alhamdulillah semua merespon baik dan acara bisa terlaksana seperti saat ini.” Tandasnya.

Sementara itu Inoe Mimbar Ketua Komite SDN Kayuringin Jaya ll yang terlibat langsung dalam proses kegiatan peringatan HUT RI menyampaikan.

” Sebagai Komite Sekolah yang merupakan lembaga mandiri di lingkungan sekolah dan berperan dalam peningkatan mutu pelayanan dengan memberikan pertimbangan, arah, dan dukungan tenaga,

sarana, dan prasarana serta pengawasan pada tingkat satuan pendidikan tentunya kami merespon baik acara seperti ini. Jadi dengan adanya acara-acara di sekolah seperti acara hari ini, kita rapatkan dulu,

kita musyawarahkan dulu antara komite dan korlas, untuk menyampaikan ke orang tua murid untuk acara 17 Agustus supaya sukses dan tanpa membebani, karena memang tanpa ada biaya sepeserpun.”

“Jadi masing-masing kita serahkan ke orang tua, acara seperti ini apa yang pantas dipakai saat acara. Jadi kita libatkan dan ajak bicara semua melalui korlas. Alhamdulillah dengan support yang baik dari semua pihak kita bisa melangkah kedepannya dan acara bisa sukses.” tegas Inoe Mimbar.

Salah satu wali murid Siti Nikmatul Ain, ibu dari siswa kelas 6 mengaku senang menyekolahkan anaknya di SDN Kayuringin Jaya ll.

“Selain memang jarak rumah kami yang dekat dengan sekolah, kegiatan
ekstrakurikulernya sesuai bakat anak, tentunya untuk mengasah bakat dan kemampuan anak dibidang non akademis, seperti olahraga. Dan sekolah di sini

sangat mengakomodir kemampuan anak di bidang olahraga raga, selain itu tentunya pengawasan yang bagus dari sekolah sehingga anak tidak bebas bermain diluar, itu merupakan pertimbangan kami kenapa pilih SDN Kayuringin Jaya ll.” tuturnya.

Ditemui di ruang kerjanya Hj. Yati Haryati kepala sekolah SDN Kayuringin Jaya ll memberikan keterangan kepada media.

“Sebagai kepala sekolah itu saya hanya membentuk tim, tanggung jawab sepenuhnya adalah panitia. Dalam hal ini tentunya saya sangat berterimakasih pada semua, pada guru, Komite, korlas, orang tua dan semuanya, sehingga acara ini berlangsung sukses seperti saat ini.

Jadi acara itu banyak, seperti hari sabtu yang biasanya saya libur saya sempatkan ke sekolah, ternyata masing-masing kelas ada lomba yang masing-masing kelas juga berbeda.

Acara hari ini sukses, sekali lagi saya ucapkan terimakasih dan berharap acara seperti ini diadakan lagi di tahun yang akan datang. Dan kalau bisa ditampilkan lagu-lagu kebangsaan sehingga anak-anak terpatri untuk memiliki jiwa patriot sejak kecil.” ungkap kepala sekolah.

” Makna yang bisa dipetik dalam momentum HUT ke-77 RI bagi generasi penerus, pelajar dituntut untuk bekerja keras dan belajar dengan giat demi meningkatkan kualitas dirinya. Generasi penerus bangsa diperlukan untuk memajukan bangsa itu sendiri.

Sebagai pelajar, harus dapat meneruskan cita-cita para pahlawan. Sebagai pelajar, hal utama yang dilakukan adalah belajar dengan tekun dan menuruti nasihat orangtua.” pungkas Hj. Yati Haryati.


Reporter: Agus Wiebowo

Pos terkait