Dana Desa (ADD) Desa Cilalawi di Gunakan untuk Bangunan Drainase Di RT 09 – 003

GAYABEKASI.ID | PURWAKARTA–Angaran Dana Desa ADD di peruntukan pengerjaan drainase di Desa Cilalawi Kecamatan Sukatani, di RT 09 Kabupaten Purwakarta menelan anggaran Rp. 118. 000.000.
Tujuanya untuk kepentingan masyarakat yang selama ini mengeluhkan jika di musim penghujan, air menggenangi badan jalan, sehinga kelihatanya kotor dan kumuh. Kamis 18/08/2022

Pemdes Cilalawi melalui hasil musyawarah desa yang melibatkan seluruh perangkat desa menyepakati mengalokasikan ADD  untuk pembangunan Drainase diwilayah tersebut.

Bacaan Lainnya


“Kita alokasikan ADD untuk pembangunan Drainase diwilayah RT 009 karena kerap mengalami banjir ketika musim hujan tiba,”jelas Kepala Desa Cilalawi Denden Syaripudin Pekerjaan pembangunan

Drainase tersebut masih tahap pekerjaan yang dilakukan oleh warga Desa Cilalawi, dengan target pekerjaan sekitar 14 hari bisa selesai kalau tidak ada halangan apapun,”tegasnya.

Sebelumnya drainase tersebut sudah ada, akan tetapi kurang memadai dengan ukuran sangat kecil, sehingga sering terjadi banjir, dimana musim hujan turun,”
Ketika di komfirmasi oleh awak media Kades Cilalawi Denden Syaeifudin

mengatakan bahwa “Proyek pengerjaan dreinase yang berasal dari anggaran dana desa tersebut sekitar Rp. 118. 000.000.- dengan ukuran panjang 250 M2, lebar 90 M2 dengan kedalaman berpariasi, mulai dari kedalaman 45 M2, 70 M2, sampai 90 M2,” jelasnya,


Denden mengakui, adanya kesalahan penulisan yang dicetak pada papan proyek, yang tadinya 190 M2 menjadi 250 M2 di papan kegiatan proyek drainase, dikarenakan terburu-buru agar dapat dipasang.


Kini tulisannya sudah kami parbaiki menjadi 250 M2 panjangnya, bukan berarti anggarannya kami mark up,” ucapNya.

“Pengerjaan proyek tersebut, kami kerjakan dengan melibatkan elemen masyarakat setempat, Saluran dreinase tersebut memang berada ditengah lingkungan padat masyarakat ” lanjutnya.


Kades Denden berharap, semoga dengan adanya saluran drainase yang sudah diperbaiki ini bisa bermanfaat bagi masyarakat, khususnya masyarakat kampung Cilayung desa Cilalawi,


“Semoga kedepannya kami bisa membangun pasitas-pasilitas umum lainya dan tempat-tempat yang dibutuhkan warga masyarakat desa Cilalawi,”.


Ini jelas untuk kepentingan warga, yang selama ini kalau di musim penghujan air sampai menggenangi jalan karena saluran air tersebut tidak baik, dan dengan di laksanakannya proyek ini, bisa menjawab apa yang selama ini menjadi keluhan warga.


Penulis : Syawaludin

Pos terkait