Santunan Anak Yatim, Silaturahmi dan Halal Bi Halal Tiga DKM Masjid di Wilayah Kayuringin Jaya

GAYABEKASI.ID | KOTA BEKASI – Seksi Sosial RW 021 bekerjasama dengan tiga Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid di Wilayah Kayuringin Jaya yakni Masjid Al – Anshor, Masjid Ar- Ridho dan Masjid Nurul Ihsan menggelar halal bi halal sekaligus santunan anak yatim.

Acara berlangsung di Masjid Nurul Ihsan, RT 04 RW 025, Kelurahan Kayuringin Jaya, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Sabtu (14/5/2022)

Bacaan Lainnya

Tampak hadir Lurah Kayuringin Jaya Ricky Suhendar dan istri, kasie kessos, Ajeng Febrianti serta sejumlah staf Kelurahan, Bhabinkamtibmas, Aiptu Tri Yugo Amrih Dumadi, Babinsa, Sertu Darjo,

Ketua Seksi Sosial RW 021 H Irfangi, Ketua Yayasan Al РAnshor  H. Hengki Brahmantio, Ketua DKM Masjid Ar РRidho H Muhammad Bakri Hasan, Ketua DKM Masjid Nurul Ihsan Arifin Hararap, Suhartono, Lurah Kalibaru dan tokoh masyarakat lainnya.

Acara diisi dengan ceramah agama sekaligus doa bersama yang dipimpin oleh Ustaz Husein Usman, dan terakhir santunan dan halalbihalal.

“Alhamdulillah pada kesempatan kali ini di bulan Syawal kita dapat berkumpul dan bersilahturahmi dengan tiga masjid yang ada di wilayah Kayuringin Jaya di tiga RW Masjid Al-Anshor, Masjid Ar-Ridho dan Masjid Nurul Ihsan,” kata Lurah Kayuringin Jaya Ricky Suhendar usai acara.

Ia bersyukur acara bisa terlaksana dengan lancar dan baik dan menilai sebagai kegiatan yang sangat positif dan sangat membantu sekali pada warganya khususnya anak-anak yatim.

Lurah Ricky menyadari bahwa dalam rangka meningkatkan kualitas kesejahteraan khususnya pada anak anak yatim di wilayah Kayuringin Jaya dibutuhkan sinergi dan kolaborasi dengan masyarakat.

“Kita pun dari pihak pemerintah masih banyak kekurangan untuk memberikan bantuan atau santunan kepada adik adik yatim. Dengan adanya kolaborasi antara pemerintah dengan masyarakat merupakan hal yang sangat baik untuk memenuhi kesejahteraan masyarakat,” tambahnya.

Ia berpesan seluruh Masjid yang ada di Kayuringin Jaya bisa melakukan hal yang sama dengan kegiatan sosial.

Pada kesempatan yang sama, Ketua DKM Masjid Nurul Ihsan, Arifin Harahap, S.H, menyatakan bahwa kegiatan sosial tersebut sudah berlangsung rutin dengan bekerjasama dengan dua DKM Masjid lainnya di Kayuringin dalam hal ini Masjid Ar-Ridho dan Al-Anshor.

“Dalam kesempatan ini saya atas nama ketua DKM Masjid Nurul Ihsan mengucapakan Minal Aidin wal Faizin mohon maaf lahir dan batin. Tujuan daripada kegiatan ini kalau untuk santunan anak yatim sudah berlangsung cukup lama

tetapi karena ini adalah momen lebaran kami selaku tuan rumah menyisipkan acara halalbihalal untuk mempererat silaturahmi di antara para pengurus DKM Masjid yang ada di Kelurahan Kayuringin Jaya ini,” ucapnya.

Ia menyambut baik kehadiran pihak kelurahan Kayuringin Jaya yang dianggap sebagai dukungan dan motivasi bagi dirinya dan warga untuk tetap konsisten melaksanakan kegiatan sosial.

“Dalam kesempatan ini juga pak Lurah tadi menyampaikan kalau bisa ini menjadi contoh bagi masjid lain dan beliau memotivasi kita untuk tetap Istikomah atau konsisten,”imbuhnya.

Menurutnya, tidak hanya santunan makanan dan uang saku, namun ada program lain seperti bantuan biaya siswa dan sunatan massal.

“Terkait kegiatan santunan anak yatim, masjid Nurul Ihsan, Ar-Ridho dan juga masjid Al-Anshor tidak hanya semata fokus pada santunan anak yatim tapi juga bantuan tunggakan SPP terkendala mengambil ijazah insyallah akan kita tanggulangi,” katanya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Al-Anshor  H Hengki Brahmantio mengungkapkan, terlaksananya santunan tersebut tidak lepas dari peran serta dan dukungan para donatur.

“Kegiatan santunan di Masjid ini didukung oleh jamaah dari masjid Nurul Ihsan dengan sangat baik dan ini merupakan indikasi positif buat kita artinya kegiatan ini tidak hanya bisa dilaksanakan di Masjid Ar-Ridho dan Masjid Al-Anshor tapi sekarang Alhamdulillah sudah beberapa kali kita adakan di Masjid Nurul Ihsan,” ucapnya.

Ia berharap sinergi dan dukungan masyarakat dan pemerintah bisa berjalan terus dan konsisten.

“Apresiasi kami terhadap bapak Lurah Kayuringin Jaya yang secara rutin selalu mendukung kegiatan pemberian bantuan atau santunan kepada anak-anak yatim di lingkungan Kayuringin Jaya khususnya yang kita lakukan bersama di tiga masjid ini,” tandasnya.

Sebagaimana diketahui, santunan pada anak yatim merupakan kegiatan rutin setiap bulan berupa uang tunai dan nasi boks di Masjid Ar-Ridho, Masjid Al-Anshor dan Masjid Nurul Ihsan di kelurahan Kayuringin Jaya, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi.

“Kami seksi Sosial dan kematian RW 21 Perumahan Bumi Satria Kencana Kelurahan Kayuringin Jaya, Bekasi Selatan mengucapkan terimakasih atas terselenggaranya acara ini.

Ini adalah kerjasama dengan semua pihak yaitu masjid Ar-Ridho, Masjid Al-Anshor, Masjid Nurul Ihsan dan para Donatur,” Ujar H Irfangi, Seksi Sosial dan kematian RW 21/Kordinator santunan anak yatim.

Sambungnya. ” Alhamdulillah santunan Anak Yatim hari ini bertambah menjadi 155 anak yatim. Kami pantau secara ketat daftar anak yatim yang masuk, yang jelas harus ada surat kematian ayahnya, batasnya adalah usia 15 tahun.” Terang H. Irfangi.

Dika Arizal Mukti salah satu anak yatim dari RW 01 RT 07 merasa senang atas pemberian santunan.

“Saya senang dan bersyukur atas bantuan dari bapak-bapak pengurus DKM, saya rutin dapat bantuan ini, terimakasih, semoga Allah membalasnya.” tutup Dika


Reporter: Agus Wiebowo

Pos terkait