FORKAMI Nilai, Langkah Presiden Jokowi Ajak Jepang Bermitra Dalam Pembangunan ANP Sudah Tepat

GAYABEKASI.ID | JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) menawarkan kerjasama pembangunan Ambon New Port (ANP)  dan sektor kelautan serta perikanan kepada pihak negara Jepang, melalui Perdana Menteri Jepang Kishida Fumio ketika berkunjung ke Indonesia di Istana Bogor, Jumat (29/4/2022) lalu.

Langkah yang dilakukan Presiden Jokowi menurut Ketua Umum Forum Komunikasi Maritim Indonesia (FORKAMI) James Talakua dinilai tepat.

Bacaan Lainnya

“Jika  pihak Jepang masuk sebagai investor dalam pembangunan ANP maka diharapkan proyek ini akan lebih memperkuat hubungan antara Jepang dan Indonesia sebagai mitra strategis, serta berkontribusi untuk mewujudkan ASEAN Outlook on the Indo-Pacific (AOIP), yang berbagi banyak prinsip dasar yang sama dengan Free and Open Indo-Pacific (FOIP),” katanya dalam keterangan pers kepada media, Senin (9/5/2022).

Ditambahkan James Talakua lagi, “Keseriusan pihak negara Jepang dalam menginvestasikan dananya di sektor kepelabuhan, sudah dapat dilihat dari proyek perluasan Pelabuhan Patimban di Kabupaten Subang, Jawa Barat. Dimana pada Fase pertama pemberian pinjaman yen, senilai sampai dengan sekitar 118,9 miliar yen telah dilakukan pada November 2017.

Sehingga  pada Desember 2021, terminal kendaraan mulai beroperasi penuh dengan partisipasi dari perusahaan-perusahaan Jepang. Dan kini, Fase kedua dari pinjaman tersebut yang dilaksanakan kali ini senilai sampai dengan 70,195 miliar yen,” jelasnya. 

Pos terkait