Dihadiri Gubernur, Ketum Gusma Lantik Pengurus Pemuda Katolik Komda Papua Barat

GAYABEKASI.ID | PAPUA BARAT — Ketua Umum Pengurus Pusat Pemuda Katolik, Stefanus Asat Gusma melantik secara resmi Yustina Ogoney, SE sebagai Ketua Pemuda Katolik Komisariat Daerah (Komda) Papua Barat Periode 2022-2025. Pelantikan jajaran pengurus Pemuda Katolik Komda Papua Barat tersebut disaksikan oleh Gubernur Provinsi Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan, M. Si, dan Vikaris Jenderal (Vikjen) Keuskupan Manokwari-Sorong, Pater Lewi Ibori, OSA.

Rangkaian acara pelantikan yang dilaksanakan di Hotel Vega Kota Sorong pada Kamis (5/5/2022), diawali dengan Perayaan Misa Syukur dipimpin oleh Pater Izaak Bame, Pr selaku Pastor Moderator Pemuda Katolik Komda Papua Barat dan Pater Zepto Triffon Polii, Pr, Pastor Moderator Pemuda Katolik Komisariat Cabang (Komcab) Sorong Selatan.

Bacaan Lainnya

“Dengan Perayaan Ekaristi ini, kita memohon agar Yesus hadir untuk memberikan penyertaan dan berkatnya kepada pengurus yang akan dilantik, sehingga senantiasa dilindungi,” Homili Pater Izaak.

Pater Izak menambahkan bahwa Pemuda Katolik menerima dua tanggungjawab, sebagai anak bangsa dan sebagai anak gereja. Sehingga Pemuda Katolik harus menunjukan mutu dan kualitas yang bagus, agar bisa memberikan solusi terhadap masalah-masalah sosial yang terjadi di Papua Barat khususnya.

Setelah Perayaan Ekaristi, dilanjutkan dengan upacara pelantikan. Dalam sambutannya, Yustina menyampaikan cita-citanya terhadap organisasi ini.

“Organisasi ini harus selalu hadir ketika di tengah-tengah pemuda, maka harus bisa menggerakan, mampu mendorong pemuda ketika berada di belakang, mampu memimpin ketika berada di depan, seperti falsafah dan ajaran Ki Hajar Dewantara. Bagi saya, pemuda harus visioner,  sehingga bisa menjawab tuntutan zaman, bukan sebaliknya malah tergerus oleh zaman,” tutur Yustina.

Apresiasi Yustina berikan kepada para mantan Ketua Pemuda Katolik. Mulai dari Bapak Fabianus Nambu Ketua Komda Pemuda Katolik Pertama, Bapak Thomas Jefrizzon Baru Ketua Pemuda Katolik Kedua, serta Ibu Yosepha Faan Ketua Komda Ketiga. “Sosok Yosepha menginspirasi dan membuka jalan untuk kepemimpinan perempuan di dalam organisasi ini,” ungkap Yustin.

Diakhir sambutan Yustina mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah membantu, sehingga pelaksanaan kegiatan ini dapat berjalan.

Pos terkait