Melaksankan Pelatihan Budidaya Maggot BSF, Babinsa Sumbermanjing Kulon Hadir dalam Kegiatan Pelatihan di Balai Desa

GAYABEKASI.ID | MALANG — Maggot atau belatung Black Soldier Fly (BSF/lalat tentara hitam), kini tengah populer di Indonesia. Maggot merupakan jenis belatung yang bisa mengurai sampah organik. Proses penguraian sampah organik dilakukan oleh belatung berwarna cokelat kehitaman ini. 10.000 maggot dapat menguraikan satu kilogram sampah organik.

Untuk itu pemerintah desa Sumbermanjing Kulon bekerja sama dengan aparat Desa Sumbermanjing Kulon melaksankan Pelatihan Budidaya Maggot BSF, nampak hadir Babinsa Sumbermanjing Kulon Serda Amin hadir dlam kegiatan pelatihan ini, bertempat di balai desa Sumbermanjing Kulon. Selasa (26/04/2022)

Bacaan Lainnya

Pada kegiatan ini, Serda Amran menjelaskan bahwa, pelatihan ini merupakan salah satu upaya untuk mengurangi sampah organik yang berasal dari rumah tangga.

Menurut Amin, makanan maggot adalah sampah organik atau sampah dapur yang didapatkan dari rumah-rumah warga di seputaran budidaya Maggot tersebut, kemudian seluruh sampah yang dikumpulkan dicacah hingga halus untuk mempermudah maggot mencerna makanannya.

“Selama fase maggot, makanan harus disediakan setiap hari. Pada fase pertumbuhannya, larva akan berubah menjadi pupa. Pupa ini dikumpulkan dan diletakkan pada kandang kawin yang telah disediakan hingga pupa menetas menjadi lalat BSF yang kemudian akan kawin dan bertelur. Telur-telur lalat dikumpulkan di kandang budidaya hingga menetas menjadi Maggot dan kemudian diproses seperti tahap awal pembudidayaan,” terangnya.

Pembudidayaan maggot diharapkan dapat berkembang menjadi sebuah usaha yang kemudian akan dikelola oleh pemuda-pemuda desa Sumbermanjing Kulon di kemudian hari dan tentunya bisa meningkatkan perekonomian warga desa sumbermanjing Kulon.


Pos terkait