Paskah Menginspirasikan Kebangkitan Solidaritas dan Perdamaian

GAYABEKASI.ID | Paskah 2022 sebagai momentum kebangkitan solidaritas kemanusiaan yang ditandai dengan kemenangan Yesus Kristus atas kejahatan, penderitaan dan maut. Kisah Yesus mengalahkan penghinaan, kejahatan, dan kematian sangat menginspirasi dan mengajak pemeluk agama agar dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari.

Paskah menginspirasi kita untuk melakukan transformasi nilai dan perilaku, menghidupkan kembali nurani kemanusiaan serta keberpihakan kepada keadilan, kebenaran, kelestarian ekologis dan kaum tertindas.

Bacaan Lainnya

Kebangkitan Solidaritas dan Perdamaian

Peristiwa Paskah telah lewat, tetapi yang abadi adalah kenangan, kegembiran, dan harapan baru bahwa Tuhan telah berkenan hadir dalam penderitaan manusia. Paskah adalah tanda solidaritas kepada penderitaan manusia. Tuhan mencintai manusia, aktif, mendekati dan menyapa manusia. Paskah sebagai gerak aktif solider Tuhan menyelamatkan manusia dengan mengorbankan Putra-Nya disalib.

Tuhan memberikan jaminan bahwa penderitaan, ketidakadilan, kekejaman manusia mempunyai batas, dan karena itu, manusia perlu terlibat bersama Tuhan untuk menimba kekuatan, mendapatkan inspirasi, dan memberikan tanggung jawab sosial, kritis, dan transformatif atas sejarah hidup manusia.

Karena itu, momentum Paskah memberi pesan dan ajakan universal kepada manusia untuk terlibat dalam solidaritas kemanusiaan dalam aksi-aksi konkret. Tidak hanya melakukan aksi-aksi karitatif, solidaritas tampak nyata melalui advokasi dan perjuangan untuk menentang ketidakadilan serta “pemiskinan” dalam masyarakat.

Pos terkait