Mendagri Lantik Suhajar Diantoro Jadi Sekjen Definitif Kemendagri

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian resmi melantik Suhajar Diantoro menjadi Sekretaris Jenderal (Sekjen). (doc.net)

GAYABEKASI.IDJAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian resmi melantik Suhajar Diantoro menjadi Sekretaris Jenderal (Sekjen) definitif Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Pelantikan berlangsung di Gedung Sasana Bhakti Praja Kantor Pusat Kemendagri, Kamis (10/3/2022). Pelantikan itu berdasarkan Surat Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 30/TPA Tahun 2022.

Bacaan Lainnya

Suhajar sebelumnya menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt.) Sekjen Kemendagri menggantikan Muhammad Hudori yang wafat pada Minggu (24/10/2021). Suhajar menerima Surat Keputusan Mendagri sebagai Plt. Sekjen Kemendagri pada Selasa (26/10/2021).

Dalam kesempatan ini, Mendagri juga melantik empat pejabat pimpinan tinggi madya lainnya di lingkungan Kemendagri. Pejabat yang dilantik itu, yaitu Agus Fatoni sebagai Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Keuangan Daerah (Keuda),

Eko Prasetyanto Purnomo Putro sebagai Kepala Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN), Sugeng Hariyono yang menjadi Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM), dan Teguh Setyabudi menjadi Dirjen Bina Pembangunan Daerah (Bangda).

“Saya Menteri Dalam Negeri berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 30/TPA Tahun 2022 tanggal 4 Maret 2022 dengan ini saya resmi melantik Saudara-Saudara dalam jabatan yang baru di lingkungan Kementerian Dalam Negeri.

Saya percaya bahwa Saudara-Saudara akan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai tanggung jawab yang diberikan,” terang Mendagri saat membacakan kata-kata pelantikan.

Dalam arahannya, Mendagri menuturkan, pelantikan tersebut untuk mengisi kekosongan sejumlah kursi jabatan dengan pejabat definitif. Pejabat definitif itu dibutuhkan agar lebih firm, tegas, dan

jelas dalam melaksanakan tugasnya. Pelantikan ini juga untuk memberikan kepastian sekaligus upaya kaderisasi dan regenerasi organisasi. Selain itu, kata Mendagri, langkah ini juga untuk menyegarkan lingkungan organisasi dan memacu lahirnya inovasi baru.

“Saya tentu berharap pada teman-teman yang diberi kepercayaan oleh Bapak Presiden, oleh Keppres beliau, tolong laksanakan tugas dengan sebaik-baiknya,” ujar Mendagri.

Sebagai informasi, selain Suhajar, empat pejabat lainnya yang dilantik juga sempat menduduki sejumlah jabatan. Misalnya, Agus Fatoni sebelumnya menjabat sebagai Pelaksana Harian (Plh.) Dirjen Bina Keuda,

dan Sugeng Hariyono sempat menjabat sebagai Plt. Dirjen Bina Bangda. Sementara Eko Prasetyanto Purnomo Putro sebelumnya merupakan Plh.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang). Badan Litbang ini kemudian bertransformasi dan berubah nomenklatur menjadi BSKDN. Adapun Teguh Setyabudi sebelumnya adalah Kepala BPSDM Kemendagri.

Puspen Kemendagri

Pos terkait