Ponpes Tahfidzul Qur’an Mu’alimin Lakukan Ujian, Kepsek Berharap Ada yang Capai 30 Juz

GAYABEKASI.ID | AGAM — Pondok Pesanteran Tahfidzul Qur’an Mu’alimin Sawah Dangka yang beralamat di Jorong Tigo Kampuang Nagari Gaduik kecamatan Tilatang kamang Kabupaten Agam saat ini sedang melaksanakan ujian akhir semester bagi santriwan dan santriwati kelas akhir tingkat Tsanawiyah dan tingkat akhir Aliyah.

Kegaiatan ini berlangsung sejak tanggal 16 February hingga sekarang, diketahui sebanyak 83 orang dari 208 orang tingkat Tsanawiyah dan 25 orang dari 50 orang dari tingkat Aliyah.

Bacaan Lainnya

Untuk ujian ini sendiri akan berlangsung hingga tanggal 20 Maret. Untuk hafalan tertinggi hingga sekarang untuk tinggkat Tsanawiyah mencapai 15 Juz atas nama M. Aif Khaira sedangkan untuk tingkat Aliyah sendiri mencapai 27 Juz atas nama Arifin Ramadhan.

Sisten ujian sendiri dilakukan satu juz untuk satu kali duduk atau satu kali pertemuan.

“Dipondok ada dua sistem tahfiz, yang pertama sistem reguler dengan target satu juz untuk satu semester sampai kelas 9 hafalannya, 6 untuk tingkat Aliyah 12 juz, dan sistem non reguler sesuai dengan kemampun para santri setelah diseleksi oleh Kabag tahfiz yakni Tri Purna Jeri, LC, namun kita berharap bagi santri yang belum ujian ada yang mencapai 30 Juz”, Ucap Indra Efendi, S.Ag, MA yang menjabat sebagai Kepala Sekolah Pondok Pesantren Mu’alimin.


Pos terkait