Hak Perempuan Untuk Dapatkan Energi Bersih dan Aman Masih Terabaikan

GAYABEKASI.ID | JAKARTAEnergi terbarukan adalah energi yang bersumber dari alam dan secara berkesinambungan dapat terus diproduksi tanpa harus menunggu waktu jutaan tahun layaknya energi berbasis fosil.

Sumber alam yang dimaksud dapat berasal dari matahari, panas bumi (geothermal), angin, air (hydropower) dan berbagai bentuk dari biomassa. Sumber energi tersebut tidak dapat habis dan dapat terus diperbarukan.

Bacaan Lainnya

Definisi energi terbarukan secara sederhana adalah sumber energi yang dihasilkan dari sumber daya energi yang secara alamiah dapat dengan cepat dipulihkan, tidak akan habis dan prosesnya dapat berkelanjutan jika dikelola dengan baik, dengan ragamnya meliputi tenaga matahari (surya), tenaga angin, energi panas bumi (geothermal), dan lain-lain.

Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki potensi energi baru terbarukan yang sangat tinggi. Selain potensi yang tinggi, Indonesia juga telah menunjukan komitmennya pada negara-negara di dunia dan internasional untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goal (SDG).

Sumber energi baru dan terbarukan belum jelas arah dan pengelolaannya, sementara sumber daya alam yang tak terbarukan sudah semakin menipis, demikian menurut Annisa Nuril Deanty, Wasekjen Internal DEM Indonesia, Ketua DEM Jember dalam keterangan pers tertulisnya, Jumat (4/2/2022).

Dalam keterangan persnya itu Annisa pun menyebutkan seiring dengan semakin meningkatnya kuantitas dan kualitas kebutuhan penduduk, tuntutan keperluan energi setiap orang juga meningkat.

Permintaan daya setiap orang terus naik rata-rata 3,2 % setiap tahun selama 10 tahun terakhir, padahal jumlah penduduk di negeri tercinta ini terus bertambah seperti deret ukur.

Pos terkait