Gandeng Perusahaan Retail, Pemkab Indramayu Gelar Pelatihan UMKM Menuju Ekonomi Bermartabat

“Pelatihan UMKM tidak lain untuk mendorong produk UMKM bisa masuk ke pasar modern atau swalayan seperti Indomaret dan Alfamart, karena daerah lain sudah memasukan produk UMKM di pasar modern,” jelasnya.

Ia menambahkan, sejumlah produk UMKM Indramayu telah mengantongi izin halal dan beberapa persyaratan lainnya, sehingga berkesempatan besar untuk bisa masuk toko modern dan swalayan di wilayah Indramayu.

“Kami harapkan UMKM betul-betul bisa memenuhi persyaratan yang telah ditentukan oleh toko modern atau swalayan arahnya kesana. Untuk itu produk UMKM kita sudah banyak memiliki izin halal dan persyaratan lainnya dan sudah masuk toko modern atau swalayan, seperti siwang dan kerupuk khas Indramayu,” tambahnya.

Hal yang sama diungkapkan Kepala Cabang Indomaret Indramayu Jefri Hirokito. Menurutnya UMKM menjadi salah satu destinasi meningkatkan taraf hidup masyarakat. Tetapi kondisi saat ini telah dihadapkan pada situasi yang sulit akibat dampak wabah Covid-19. Untuk itu pihaknya berpartisipasi dengan memberikan pelatihan kepada UMKM Indramayu seperti cara pengemasan dan strategi pemasaran.

“Kami berpartisipasi mengembangkan daerah terutama untuk UMKM Indramayu seperti cara Packaging yang baik dan cara pemasarannya juga, sehingga nanti UMKM di Indramayu jika berhasil, maka bukan hanya menyalurkan barang ke kita, tetapi bisa berwiraswasta di depan Indomaret kami, atau bersinergi dengan kami,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Bupati Indramayu Nina Agustina Da’i Bachtiar secara simbolis menerima bantuan gerobak UMKM dari Kepala Cabang Indomaret Indramayu yang nantinya bisa digunakan untuk pelaku UMKM di Indramayu.


Sumber : Tim Publikasi Diskominfo Indramayu

Pos terkait