Presiden SIRI Tjandra Setiadji : Dukung Penertiban Penambangan Timah Di Kawasan RWZP3K Teluk Kelabat Dalam

GAYABEKASI.ID, – Bangka Barat (Babar) – Bijih timah salah satu sumber daya alam (SDA) yang dimiliki oleh Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan sumber income pendapatan negara disektor pertambangan. Dan cadangan timah salah satu SDA kita terbesar dihasilkan dan cadangannya hanya di pulau Bangka dan Belitung.

Timah merupakan salah satu unsur kimia dalam table periodik disimbolkan dalam Sn dan nomor atom 50.Timah termasuk ke dalam logam pasca-transisi di kelompok 14 dalam tabel periodik.

Bacaan Lainnya

Sadar atau tidak, timah telah banyak terlibat dalam kehidupan manusia sehari-hari. Manfaat timah ini biasanya digunakan sebagai kombinasi atau campuran untuk logam lainnya. Hal ini karena timah merupakan bahan kimia yang tahan terhadap karat.

Bahkan, di Negeri Serumpun Sebalai sebutan lainnya dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) penambangan timah rakyat telah memberi dampak yang cukup besar terhadap mengeliatnya perekonomian rakyat Babel sejak kran penambangan rakyat dibuka oleh pemerintah kita.

Kendati demikian, akhir-akhir ini persoalan penambangan rakyat menjadi pemerintah kita yang ada di pusat, baik penambangan timah di darat maupun di perairan laut, hal ini dikarenakan ada pro dan kontra didalam masyarakat Babel itu sendiri.

Pos terkait