TNI AL – Indian Navy dikejutkan oleh kehadiran pesawat udara tak dikenal saat melintas di ALKI I

GAYABEKASI.ID , – JAKARTA, Bergerak dalam formasi, unsur-unsur kapal perang “Samudra Shakti-21” yang terdiri dari KRI Bung Tomo-357, KRI Malahayati-362, INS Kadmatt P29 dan INS Shivalik F47 dikejutkan dengan kehadiran pesawat udara tak dikenal mendekati formasi saat memasuki ALKI I di Laut Jawa, Senin (20/9/2021).

Sontak KRI Bung Tomo-357 mengambil alih komando lalu memerintahkan untuk membentuk formasi anti serangan udara, dan meningkatkan derajat kesiagaan serta mengaktifkan seluruh persenjataan dan sensor anti serangan udara.

Bacaan Lainnya

Seluruh personel menempati pos tempur dikapal sesuai buku induk tempurnya. Laporan sadapan melalui radio komunikasi internal dan eksternal antar kapal perang, bersahut-sahutan melaporkan perkembangan situasi kontak serangan udara di ruang Pusat Informasi Tempur (PIT).

Situasi di atas adalah bagian dari skenario latihan pada serial Air Defence Exercise (ADEX) dalam latihan bersama TNI AL dan Indian Navy “Samudra Shakti 21”.

Komandan KRI Bung Tomo-357, Kolonel Laut (P) Rizki Prayudi selaku komandan gugus tugas, mengatakan bahwa kegiatan latihan bersama TNI AL dan Indian Navy ini akan digelar selama tiga hari dengan daerah latihan meliputi Laut Jawa – Selat Sunda – Samudera Hindia.

Lebih Lanjut ia mengatakan bahwa Latma Samudra Shakti ini digelar setiap tahun, dimana tuan rumah secara bergantian TNI AL atau Indian Navy dan kali ketiga ini bertepatan dengan TNI AL sebagai tuan rumah.

Sementara itu, Panglima Koarmada I, Laksamana Muda TNI Arsyad Abdullah, S.E.,M.A.P. mengatakan pada opening ceremony bahwa bila ada persoalan yang ditemukan dalam latihan, itu menunjukan perubahan situasi dan perkembangan kemampuan

profesionalisme dalam melaksanakan latihan bilateral. Dan untuk membuat latihan ini dapat beradaptasi secara cepat maka perencanaan yang bersifat fleksibilitas perlu dipersiapkan.

“Meski ditengah pandemic, tujuan latihan harus dapat dicapai melalui pengembangan prosedur bersama, skenario latihan dengan melakukan latihan komunikasi dan manuver taktis,” menutup sambutannya secara virtual dari pusat komando dan pengendalian (Puskodal) Koarmada I.

(Dispen Koarmada I)

Pos terkait