Muatan Lokal Murid SD dan MI Akan Diajarkan Bahasa Tolitoli

GAYABEKASI.ID, – TOLITOLI – Kurikulum muatan lokal bahasa Tolitoli untuk jenjang pendidikan sekolah dasar, resmi diluncurkan oleh Bupati Tolitoli pada (rabu, 22-9/2021) dalam suatu acara yang digelar oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tolitoli bertempat di Halaman Sekolah Dasar Negeri Pembina Kelurahan Baru Tolitoli.

Kurikulum muatan lokal Bahasa Tolitoli yang diberi judul “Moguru Tinga Ttorli” itu disusun oleh tim yang ditunjuk oleh Dinas Dikbud Kabupaten Tolitoli yakni masing-masing Tasmin A. Jacub, S.Pd, Sumitro S. Pogi, S.Pd dan Ikhsan, S.Pd yang selanjutkan akan diajarkan secara bertahap mulai dari tingkat Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah dan untuk langkah awal baru akan diajarkan di sejumlah sekolah di wilayah Kecamatan Baolan.

Bacaan Lainnya


Bupati Tolitoli Amran Hi. Yahya menyampaikan,” Ucapan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada seluruh tim penyusun kurikulum bahasa daerah Tolitoli serta semua pihak yang ikut berperan sehingga pemberdayaan, pelestarian dan pengembangan bahasa daerah Tolitoli menjadi mata pelajaran yang bisa dijadikan warisan budaya bagi generasi dimasa depan.


Lanjut Bupati mengatakan bahasa daerah merupakan bahasa ibu, di samping itu juga berfungsi sebagai bahasa budaya, bahasa pemersatu intra etnis, mempererat keakraban serta untuk mengetahui sejarah nenek moyang dalam bertutur.

Bahasa daerah menurut Bupati memegang peranan penting sebagai identitas utama, ciri khas, alat komunikasi dan instrumen suatu daerah selama berabad-abad hingga ribuan tahun baik secara lisan maupun tulisan. Bahasa juga dapat mencerminkan kepribadian dan watak seseorang.

Pos terkait