Kodim 0506/Tgr Selenggarakan Pembinaan Kerukunan Umat Beragama

GAYABEKASI.ID, – Kodam Jaya, Tangerang – Bertempat di Aula Palapa Makodim 0506/Tgr telah dilaksanakan pembukaan penyelenggaraan kegiatan Pembinaan Kerukunan Umat Beragama Kodim 0506/Tgr Triwulan III TA 2021, yang diikuti oleh perwakilan dari Tokoh agama, Tokoh Masyarakat, pelajar serta Keluarga besar TNI (KBT) dengan menerapkan protokol kesehatan selama kegiatan berangsung. Selasa (21/09/2021)

Kegiatan Pembinaan Kerukunan Umat Beragama dilaksanakan dengan tujuan agar Prajurit TNI, Keluarga Besar TNI (KBT), Tokoh Agama dan Tokoh Pemuda benar-benar memahami tentang arti toleransi umat beragama dimana antar umat beragama dapat saling menerima, saling menghargai dan saling menghormati keyakinan masing-masing, saling tolong-menolong dan bekerja sama dengan perbedaan keyakinan agama yang ada.

Bacaan Lainnya

Kegiatan kali ini dengan mengusung tema “ Mewujudkan Binter TNI AD yang Adaptif melalui kegiatan Pembinaan Kerukunan Umat Beragama demi mencegah konflik sosial antar Umat Beragama serta menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa”.

Hadir dalam Kegiatan para Danramil untuk membuka kegiatan Pembinaan Kerukunan Umat Beragama dan membacakan amanat dari Komandan Kodim 0506/Tgr yang intinya, untuk mengajak seluruh Komponen masyarakat agar dapat membangun, memelihara dan memberdayakan umat beragama untuk kerukunan dan kesejahteraan.

Dalam sambutannya menyampaikan bahwa semua harus bisa menjaga kerukunan, karena kalau tidak dijaga, tidak diciptakan, tidak dibuat maka akan dapat menimbulkan konflik. Kepada semua yang hadir di sini harus punya komitmen, bagaimana kalau kita ada masalah,

kita selesaikan, salah satunya komunikasi, koordinasi dan solusi bersama. “Kita harus bisa menjaga dan merawat masalah keberagaman dan Ke-Bhinekaan ini, Apabila dalam perbedaan-perbedaan (agama) ini semua merasa hebat, identitas masing-masing muncul, tidak saling menghargai, maka perbedaan itu menjadi konflik sosial di Negara Indonesia, khususnya di wilayah Kabupaten Gresik.”tuturnya.

Lanjutnya beberapa hal yang perlu kita perhatikan bersama diantaranya Perlu adanya rasa ikatan yang kuat dalam satu kesatuan dan kebersamaan diantara sesama anggota masyarakat tanpa membedakan suku, agama, RAS, maupun golongan,

saling membantu antara sesama komponen bangsa demi mencapai tujuan dan cita-cita bersama, tidak membangun primordialisme dan eksklusifisme karena hanya akan merusak persatuan, membangun kebersamaan dengan semboyan bahwa suka duka anggota

masyarakat adalah suka duka seluruh bangsa dan Negara, mampu mengembangkan sikap untuk berpikir dan berperilaku positif dimanapun berada, serta senantiasa berfikir jauh kedepan, membuat gagasan demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.” pungkasnya. (sumber kodim 0506/Tgr).

Pos terkait